Apel Gelar Pasukan BKO Satlinmas se-Kaltim, Dalam Rangka Pemilu Serentak 2024 Digelar di Kukar

30 November 2023 18:50 WIB
Apel Gelar Pasukan BKO Satlinmas se-Kaltim, Dalam Rangka Pemilu Serentak 2024 Digelar Di Kukar
Apel Gelar Pasukan BKO Satlinmas se-Kaltim, Dalam Rangka Pemilu Serentak 2024 Digelar Di Kukar ( )
 
Tenggarong, Sonora.ID – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah hadiri apel gelar pasukan penyerahan Bawah Kendali Operasi (BKO) anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kaltim kepada Kepolisian Daerah Kaltim dalam rangka Pemilu serentak tahun 2024, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kukar, Kamis (30/11/2023).
 
Kegiatan yang juga diikuti peserta apel dari Kodim 0906 KKR, Polres Kukar, Satpol-PP Kukar, BPBD Kukar, Damkar Matan Kukar diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pimpinan apel Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.
 
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima BKO Satlinmas oleh PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono sebanyak 17.073 personil, serta penandatanganan berita acara serah terima BKO Satlinmas Kukar oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena sebanyak 7.628 personil.
 
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam sambutannya mengatakan penyerahan pasukan BKO Satlinmas tersebut sebagai bentuk keikutsertaan satlinmas dalam membantu pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 agar berjalan dengan tentram, tertib dan aman.
 
Dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia, pemilu adalah salah satu pilar demokrasi yang harus di pertahankan dan di kembangkan, karena menurutnya pemilu merupakan momen penting dimana rakyat berhak menentukan wakil-wakilnya untuk mengemban amanah dan mengawal pembangunan demi kesejahteraan bersama.
 
“Oleh karena itu, menjelang pemilu serentak tahun 2024 ini kita sebagai bagian dari komunitas di Kalimantan Timur memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proses ini berjalan dengan baik dan aman,” ujar Akmal Malik.
 
 
Menurutnya, dengan semakin dekatnya waktu dan suhu politik yang kian memanas, apalagi saat ini pilpres sedang memasuki masa kampanye, maka saat ini diperlukan kesiap siagaan pengamanan pemilu agar situasi dan kondisi masyarakat dan daerah Kaltim tetap dalam keadaan yang aman, tertib, aman, terjaga, dan kondusif.
 
Lebih lanjut, dirinya mengatakan satlinmas merupakan cerminan dari semangat gotong royong dan kesadaran bersama dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah-tengah masyarakat.
 
“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keterlibatan kalian (Satlinmas se-Kaltim-red) dalam mendukung kelancaran pemilu serentak 2024,” ujarnya.
 
Menurutnya, kewajiban menjaga dan mengawal tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilu serentak 2024 bisa terlaksana secara sukses dengan asas yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil (Luber Jurdil) merupakan tanggung jawab semua pihak terkait penyelenggaraan pemilu dan masyarakat pada umumnya.
 
Akhir sambutannya, Akmal Malik mengajak seluruh satlinmas yang nantinya akan bertugas untuk melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi tinggi, profesionalisme, dan berintegritas, serta melaksanakan tugas berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu cepat, tepat, cermat, terukur, dan dengan hasil maksimal serta selalu bersikap netral tidak terlibat maupun berpihak dengan peserta maupun simpatisan peserta Pemilu.
 
Dirinya juga berharap agar jadikan kehadiran satlinmas sebagai penjamin keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat dapat merasakan suasana pemilu yang damai dan tentram.
 
“Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur adalah daerah yang damai dan demokratis,” pungkasnya. (adv/prokompimkukar)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm