Langkah Efektif Mencegah Pertumbuhan Jamur di Rumah saat Musim Hujan

8 Desember 2023 15:06 WIB
Ilustrasi Langkah Efektif Mencegah Jamur di Rumah saat Musim Hujan
Ilustrasi Langkah Efektif Mencegah Jamur di Rumah saat Musim Hujan ( SHUTTERSTOCK/BURDUN ILLIYA)

Semarang, Sonora.ID – Musim hujan sering kali membawa risiko pertumbuhan jamur di dalam rumah, udara yang lembab saat musim hujan menjadi salah satu penyebab munculnya jamur di dalam rumah.

Selain merusak estetika rumah, jamur juga mengakibatkan bau ruangan menjadi kurang sedap.

Tak hanya itu, pertumbuhan jamur di dalam rumah pada saat musim hujan dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan.

Jamur dapat mengiritasi saluran pernapasan, memicu alergi, dan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Kelembaban yang tinggi juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur beracun yang dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih dan bebas dari jamur, ada beberapa langkah yang bisa Sahabat Sonora lakukan agar rumah tetap aman dan nyaman selama musim hujan.

Mari mulai dengan beberapa langkah sederhana yang bisa Sahabat Sonora terapkan untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur.

1. Pengaturan Ventilasi: Pastikan sirkulasi udara di rumah anda cukup baik. Ventilasi yang buruk dapat menyebabkan kelembaban yang tinggi, yang memicu pertumbuhan jamur. Gunakan kipas tambahan atau buka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara.

2. Kontrol Kelembaban: Gunakan dehumidifier atau pengatur kelembaban udara (humidifier) untuk menjaga tingkat kelembaban di rumah agar tetap dalam rentang yang sehat (biasanya antara 30-50%). Ini membantu mencegah kelembaban berlebih yang mendukung pertumbuhan jamur.

3. Pembersihan Rutin: Bersihkan area-area yang rentan terhadap kelembaban seperti kamar mandi, dapur, dan sudut-sudut ruangan secara rutin. Pastikan untuk mengeringkan area yang basah atau lembab dengan cepat, terutama setelah membersihkan dengan air atau setelah  terkena hujan.

4. Pemeliharaan Rumah: Perbaiki kebocoran pipa atau atasi masalah pada atap yang bisa menyebabkan air masuk ke dalam rumah. Memperbaiki sumber kelembaban ini akan membantu mencegah pertumbuhan jamur.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm