Menjaga Kesehatan dengan Makanan Rendah Kolesterol

9 Desember 2023 15:05 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan dengan makanan rendah kolesterol
Ilustrasi menjaga kesehatan dengan makanan rendah kolesterol ( freepik.com)

Sonora.ID - Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat dalam tubuh dan juga ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang rendah kolesterol guna menjaga kesehatan tubuh. Artikel ini akan membahas berbagai jenis makanan rendah kolesterol dan manfaatnya bagi kesehatan.

Apa Itu Kolesterol dan Mengapa Perlu Dikendalikan?

Kolesterol adalah senyawa lemak yang ditemukan dalam sel tubuh dan banyak makanan. Ada dua jenis kolesterol utama: kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) yang sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena dapat menyumbat pembuluh darah, dan kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) yang disebut sebagai "kolesterol baik" karena membantu membersihkan kolesterol dari pembuluh darah.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal dengan mengadopsi pola makan sehat.

Baca Juga: 7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Alpukat sampai Jeruk Nipis

Makanan Rendah Kolesterol yang Dapat Dimasukkan dalam Diet Sehari-hari:

  1. Ikan Berlemak:

Ikan seperti salmon, mackerel, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

  1. Buah-buahan dan Sayuran:

Buah-buahan dan sayuran kaya serat, vitamin, dan antioksidan. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Buah-buahan seperti apel, stroberi, dan alpukat serta sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli merupakan pilihan yang baik.

  1. Biji-bijian Utuh:

Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, barley, dan quinoa, mengandung serat beta-glukan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian:

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan biji bunga matahari mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Halaman Berikutnya
Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm