Bappeda Komitmen Bawa Makassar Menuju Kota Inklusif

10 Desember 2023 16:23 WIB
Talkshow bersama Kepala Bappeda Makassar, Helmy Budiman
Talkshow bersama Kepala Bappeda Makassar, Helmy Budiman ( Dok Youtube Smartfm Makassar)

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah Kota Makassar berkomitmen senantiasa mengedapankan inklusifitas dalam setiap aspek pembangunan. Sesuai dengan visi misinya, Makassar untuk semua.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman saat menjadi narasumber talkshow Smartfm Makassar, baru-baru ini.

Menurut Helmy, Pemkot Makassar membuka ruang seluas-luasnya untuk seluruh kalangan. Tanpa ada diskriminasi kaum tertentu termasuk kalangan disabilitas. Secara jelas komitmen tersebut tercantum dalam program Sustainable Development Goals (SDGs) Kota Makassar.

" Peran inklusi dengan adanya SDGs, kami bisa semakin fokus terhadap isu-isu tertentu. Di Makassar, selain kemiskinan, ada isu banjir, dan beberapa isu lain. Adanya SDGs, kita bisa semakin fokus menentukan arah dan kebijakan," ujar Helmy.

Ia bersyukur, pihaknya banyak dibantu lembaga non profit alias Non Governmental Organization (NGO) yang kerap memberi masukan terhadap capaian Makassar sebagai kota yang mendukung inklusifitas. Baik dalam infrastruktur maupun human capital.

Baca Juga: PGE lumut Balai Perkenalkan Energi Panas Bumi ke Awak Media Sumatera selatan

"Adanya unit layanan disabilitas di bawah naungan Dinas Ketenagakerjaan Makassar membuktikan bahwa Makassar betul-betul memberikan ruang sebesar-besarnya kepada teman difabel maupun disabilitas," ucapnya.

Helmy pun memastikan inklusifitas masuk dalam rencana kerja pembangunan daerah Kota Makassar tahun 2024. Kalangan disabilitas, kata Helmy, menjadi bagian rencana pembangunan tersebut. Bahkan, pihaknya berencana menyusun rencana daerah jangka panjang untuk 2025 - 2045.

"Isu inklusifitas pasti akan dimasukkan sehingga sebagai kota besar dan gerbang Indonesia Timur, Makassar harus membuka ruang sebesar-besarya. Dengan demikian semakin banyak orang akan datang ke Makassar untuk berinvestasi," pungkasnya.

Sementara, Aktivis Difabel dan Penggiat Inklusif Sulsel, Abdul Rahman, mangepresiasi komitmen Pemkot Makassar yang memberikan peluang kalangan difabel dan disabilitas untuk ikut berperan aktif membangun daerah. Sejak order baru, kata Rahman, kesempatan terhadap kaum difabel belum terbuka luas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm