Ajak Mahasiswa Bertani, Pj Gubernur Sulsel : Berhenti Selalu Mau Jadi PNS

11 Desember 2023 16:25 WIB
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Founder Bosowa Group HM Aksa Mahmud melakukan penanaman pisang cavendish di Kebun Pendidikan Integrated Farming System Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos)
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Founder Bosowa Group HM Aksa Mahmud melakukan penanaman pisang cavendish di Kebun Pendidikan Integrated Farming System Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengajak perguruan tinggi untuk terlibat dalam gerakan budidaya pisang maupun tanaman hortikutura lainnya.

Ini mengingat perguruan tinggi memiliki potensi lahan yang dapat dimanfaatkan.

Hal itu disampaikan Bahtiar usai kegiatan penanaman perdana pisang cavendish di Kebun Pendidikan Integrated Farming System Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos), Pallangga, Kabupaten Gowa, Sabtu kemarin.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam LLDIKTI Wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara).

Menurut Bahtiar, segala sesuatu yang dikerjakan harus dibarengi dengan ilmu pengetahuan.

Termasuk jika ingin bertani atau berkembun. Ilmu pengetahuan dibutuhkan untuk meminilisir resiko tanaman terjangkit hama maupun mencegah gagal panen.

Baca Juga: Lantik 6 Kepdes PAW, Pj Bupati Landak Tekankan Kepdes Dapat Transparan Dalam Pengelolaan Keuangan

Selain itu, ilmu pengetahuan juga dapat mengajarkan cara mengkapitalisasi dengan modal yang efisien dan resiko lebih kecil, supaya produktivitas tinggi.

"Di sinilah pentingnya perguruan tinggi kita ajak. Dan komoditi pisang ini bisa menjadi sumber penghasilan untuk perguruan tinggi. Apalagi perguruan tinggi kan biaya operasionalnya tinggi. Perguruan tinggi punya potensi lahan pertanian yang produktif. Ketimbang lahannya kosong tidak ada hasilnya, mending dijadikan sumber lahan produktif," ujar Bahtiar.

Lahan yang dimanfaatkan untuk pertanian atau perkebunan, kata Bahtiar, dapat menjadi laboratorium tempat mahasiswa belajar. Pada saat bersamaan, lahan tersebut juga menjadi sumber menghasilkan. Dengan begitu, para mahasiswa bisa membangun usaha sendiri melalu sektor pertanian maupun budidaya pisang. Apalagi, Sulsel memiliki lahan jutaan hektar yang belum dikelola secara optimal.

"Sudah berhentilah selalu mau jadi pegawai negeri, karema lahan di Sulsel jutaan hektar kosong, mestinya diubah menjadi sumber kehidupan,"tegas Bahtiar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm