Simulasi Pengendalian Huru Hara dan Penanganan Kebakaran di Lingkungan Kantor Induk PLN UIP KLB

12 Desember 2023 22:25 WIB
( PLN UIP KLB)

Pontianak, Sonora.ID - Untuk meningkatkan kinerja dan memastikan kesiapsiagaan seluruh komponen dalam menghadapi kondisi darurat guna terwujudnya keadaan yang aman dan lancar di lingkungan operasional kantor induk, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) menggelar simulasi Pengendalian Huru-Hara dan Penanganan Kebakaran di lingkungan Kantor Induk yang berada di Jalan Letjend Soeprapto No. 50G, Pontianak pada Selasa (12/12).

Simulasi ini adalah program rutin yang dilaksanakan oleh PLN UIP KLB. 

General Manager PLN UIP KLB, M. Dahlan Djamaluddin menjelaskan, simulasi ini bertujuan untuk latih-uji kesiapan, kesiagaan dan kemampuan seluruh komponen yang dimiliki, baik itu personel, perangkat, sistem dan alur komunikasi, serta koordinasi dalam melakukan pengendalian dan penanganan keadaan darurat di lingkungan PLN UIP KLB.

Baca Juga: Jajaran SKPD Pemkab PPU Ikut Terlibat Dalam Simulasi Sispamkota Pemilu 2023 – 2024  

“Aspek pengamanan adalah salah satu garda terdepan dalam layanan operasional PLN UIP KLB. Dalam persiapan simulasi ini, para personel yang terlibat dibekali dengan pengetahuan terkait dengan Prosedur Keselamatan dan Keamanan, Instruksi Kerja dan Latihan Pengendalian Huru-hara dan Penanganan Kebakaran sebagai media uji coba yang melibatkan seluruh bagian terkait baik internal maupun eksternal sebelum simulasi diselenggarakan,” ucap Dahlan.

Simulasi ini juga merupakan upaya pemenuhan terhadap peraturan Sistem Manajemen Pengamanan serta Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang berlaku di mana kegiatan simulasi ini adalah rangkaian siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) dalam sistem manajemen tersebut.

Dalam pelaksanaanya, PLN UIP KLB berkolaborasi dengan Pamobvit Polda Kalbar, Satuan Polisi Pamong Praja Bidang Linmas dan Damkar Kota Pontianak, serta dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak.

Iptu Kistojo, selaku Kepala Unit 1 Subdit Waster menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama POLRI dengan PLN sebagai usaha dalam menjaga keamanan aset PLN.

"Walaupun kegiatan hari ini adalah simulasi, kami harap para personil PLN maupun kepolisian sigap dan serius dalam menjalankan instruksi sesuai SOP yang berlaku,” ujar Kistojo.

Komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di sekitar lingkungan kantor juga telah dilakukan oleh PLN UIP KLB guna memastikan terjaganya ketertiban umum dan kelancaran simulasi serta meminimalisir risiko yang ada.

"Pentingnya kesiapan, pemahaman dan kerjasama yang baik antar seluruh pegawai serta pihak pengamanan internal agar tidak panik dan selalu sigap jika menghadapi kondisi yang tidak diinginkan baik terkait huru-hara maupun kejadian kebakaran sehingga tidak mengganggu kegiatan aktivitas operasional PLN UIP KLB dan memastikan aset-aset PLN aman," tutup Dahlan.

Baca Juga: Pemprov DKI Simulasi Penanganan Bencana dan Evakuasi Kebakaran

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm