Pengurus PKK Pusat Puji Kreatifitas Warga Makassar Mengolah Pisang

22 Desember 2023 13:05 WIB
Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah mendampingi Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Nani Suhajar Diantoro saat berkunjung ke Kecamatan Maccini Sombala Makassar
Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah mendampingi Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Nani Suhajar Diantoro saat berkunjung ke Kecamatan Maccini Sombala Makassar ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK Pusat yang dipimpin Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Nani Suhajar Diantoro, melakukan kunjungan ke Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis, 21 Desember 2023.

Tim Monev didampingi Penjabat Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, dan Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Rombongan diterima di Baruga Amaliah, dan disuguhi beragam jenis kue hasil olahan berbahan dasar pisang. Seperti barongko, pisang ijo, pisang epe, dan beragam jenis olahan berbahan dasar pisang lainnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Sulsel saat ini sedang menggalakkan program budidaya pisang cavendish. Pisang merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sangat dekat dengan kultur budaya masyarakat Sulsel.

Nani Suhajar Diantoro, mengatakan, salah satu tugas PKK adalah meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat. Ia pun mengapresiasi kreatifitas para pengurus PKK Kota Makassar yang membuat beragam olahan dengan bahan baku pisang.

Baca Juga: Bagian Hukum Makassar Catat Kinerja Positif, Selamatkan Aset Rp100 Miliar Sepanjang 2023 

"Bagaimana mengolah bahan baku pisang, silakan studi tiru ke Jawa Barat. Disana itu luar biasa," kata Nani.

Ia juga berpesan agar PKK Sulsel dan Kota Makassar memperhatikan soal stunting. Kasus stunting saat ini menjadi perhatian nasional, sehingga menjadi tanggungjawab bersama.

Dalam kunjungannya ke Kelurahan Maccini Sombala ini, Tim Monev PKK Pusat juga mengunjungi Kebun PKK yang didalamnya terdapat berbagai jenis sayuran. Seperti cabai, tomat, hingga kangkung.

Baca Juga: Kader PKK Bergerak Genjot Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di Sulsel

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, menyambut baik kunjungan TP PKK Pusat, dan siap diberi arahan dan petunjuk seperti apa langkah yang dilakukan untuk penyempurnaan program PKK Makassar.

"Ini kehormatan bagi kami. Pemkot Makassar punya program lorong wisata, semua lorong kita tata dan benahi. Didalamnya ada macam-macam, UMKM hingga wisata kuliner. Kami juga punya lorong PKK, dan tahun ini jumlahnya sudah 30 lorong," kata Indira.

Sementara, Pj Ketua PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengatakan, Tim Monev PKK Pusat khusus datang disini untuk melihat apa yang sudah dilakukan PKK Sulsel dan Kabupaten Kota. "Mohon arahan, jika ada yang harus ditambahkan untuk bisa memberikan wejangan supaya PKK bergerak lebih baik lagi untuk Sulsel," kata Sofha Marwah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm