JK Dorong Pemprov Sulsel Serius Jalankan Program Budidaya Hortikultura

22 Desember 2023 13:15 WIB
Jusuf Kalla bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di acara Tudang Sipulung Pendidikan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur.
Jusuf Kalla bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di acara Tudang Sipulung Pendidikan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur. ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mendukung penuh program budidaya Pisang Cavendish yang digagas Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. JK yakin, ekspor pisang cavendish bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulsel, asal dikelola secara serius.

Karena itu, budidaya hortikultura seperti pisang cavendish harus memenuhi standar kebutuhan negara-negara tujuan ekspor. Sebab jika hanya untuk memenuhi kebutuhan di pasar lokal, nilai jualnya rendah dan tidak dapat menjadi sumber ekonomi baru masyarakat.

"Untuk memakmurkan masyarakat Sulsel harus lewat pasar ekspor dan pasar industri. Pisang cavendish itu harus ada standar, teruskan saja. Karena hanya ekspor yang bisa memakmurkan kita masyarakat Sulsel," kata JK saat hadir dalam Tudang Sipulung Pendidikan di Sulsel, yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur, baru-baru ini.

Ia pun mengapresiasi kerja Pj Gubernur yang kerap berkeliling untuk melihat potensi masing-masing daerah di Sulsel. Baik dari sektor pertanian, perikanan, peternakan maupun sektor-sektor lainnya.

Baca Juga: Bagian Hukum Makassar Catat Kinerja Positif, Selamatkan Aset Rp100 Miliar Sepanjang 2023

Menurut Ketua PMI Pusat ini, program Pj Gubernur Bahtiar tersebut pernah diterapkan Gubernur Sulsel terdahulu yakni Prof Amiruddin yang memiliki konsep tanam, petik, olah, dan jual.

"Saya bicara soal Prof Amiruddin karena beliau Gubernur yang sangat produktif soal pertanian, sama dengan Pj Gubernur (Bahtiar Baharuddin) ini," imbuhnya.

Untuk itu, kata JK, program hortikultura harus betul-betul disiapkan mulai dari hulu sampai hilirnya. Mulai dari bibit, proses penanaman, pemeliharaan sampai panen dan penjualannya. Ia pun menyebut, konsep perkebunan masyarakat Sulsel dianggap paling unggul bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: PTPN Siapkan Lahan untuk Dukung Program Hortikultura Pemprov Sulsel

"Tanam bibit pisang yang baik, bibit mangga yang baik, bibit nangka yang baik, bibit cengkeh dan sejumlah tanaman yang lainnya. Jadi konsep perkebunan kita disini jauh lebih baik dari daerah lain, tapi semangatnya yang sudah memulai menurun," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan terimakasih atas kesediaan JK yang merupakan tokoh nasional, hadir dalam acara Tudang Sipulung Pendidikan di Sulsel. Terkait budidaya pisang cavendish, ia menyampaikan, sejak dicanangkan, sudah ada berbagai negara yang meminta hasilnya.

Dirinya telah meneken kontrak farming dengan dua perusahaan besar seperti Hypermart dan Laris Manis. Keduanya perusahaan tersebut bahkan mulai membangun gudang dan industri untuk persiapan ekspor cavendish dari Sulsel.

"Belum kami tanam tapi sudah ada beberapa negara yang meminta untuk dikirim pisang cavendish. Ini kami sudah siapkan hulu hilirnya dan skemanya kami sudah siapkan," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm