Pada Penghujung Tahun 2024, Pengurus Paguyuban Jawa Gelar Silahturahmi Bersama Tokoh dan Sesepuh

23 Desember 2023 20:08 WIB
( IST)

Pontianak, Sonora.ID - Sebagai salah satu langkah penguatan soliditas organisasi, pengurus Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) Provinsi Kalimantan Barat melakukan pertemuan perdana bertempat di ruang serbaguna universitas panca Bhakti Pontianak pada hari Kamis (20 Desember 2023) malam.

Dalam pengantarnya, Ketua Umum Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) Provinsi Kalimantan Barat, Dr. Purwanto, SH, M.Hum, FCBArb, FIIArb mengatakan bahwa pertemuan dan silahturahmi ini adalah kegiatan perdana yang diinisiasi sebelum dilakukan langkah pengesahan pengurus secara definitif.

"Ini pertemuan perdana kumpul sedulur, silaturahmi memperkuat soliditas kita sesame pengurus dan masyarakat Jawa yang ada di Kalimantan Barat, modal sosial kita melakukan percepatan dan penguatan organisasi," ungkapnya.

Ketua paguyuban Jawa Kalimantan Barat terpilih, Purwanto menegaskan eksistensi masyarakat Jawa di Kalimantan Barat sudah cukup lama sehingga harus bisa memberi warna dalam kehidupan masyarakat di Kalimantan Barat.

Di masa perhelatan politik saat ini PJKB menegaskan tetap berada pada posisi netral tidak memiliki warna politik, sebab sesuai semangat keberadaan paguyuban ini adalah spirit keberagaman dalam persatuan bingkai NKRI.

“Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) ini sesuai AD dan ART nya serta Visdi dan Misinya adalah organisasi Kemasyarakatan yang menjadi wadah bersilahturahmi serta pelestarian Budaya Masyarakat Jawa, kita tetap fokus ke tujuan Organisasi sebagai wadah silahturahmi,” tegas Purwanto.

Ketua Umum PJKB yang juga merupakan Rektor Universitas Panca Bakti (UPB) Pontianak ini menegaskan Paguyuban Jawa akan terus berupaya menjada keharmonisan persatuan dan kesatuan lintas etnis yang ada di Kalimantan Barat ini.

Warga Jawa di Kalimantan Barat ini lumayan banyak persentasenya, sehingga keberadaan warga Jawa harus bisa ikut mewarnai pembangunan di Kalimantan Barat, tidak hanya dalam hitungan tapi diperhitungkan peran serta keikutsertaan dalam membangun Bangsa ini.

Pertemuan Silahturahmi pengurus Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) Provinsi Kalimantan Barat ini selain dihadiri Tokoh dan Pengurus PJKB tampak juga hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poliik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat, Drs Manto Saidi, M.Si.

Dalam sambutannya Drs Manto Saidi, M.Si. mengapresiasi kesolidan dan keguyuban ormas Paguyuban Jawa ini, Ia menyebut sebagai salah satu komponen masyarakat yang besar jumlahnya di Kalimantan Barat, Paguyuban Jawa relatif adem dan ayem.

“Saya melihat Paguyuban Jawa Kalimantan Barat ini selalu eksis dan selalu rukundalam segala hal, hal ini tentu bisa menjadi contoh dalam berorganisasi, menjaga kekompakan serta kesolidan menjadi modal utama, Saya mengapresiasi dan melihat PJKB ini slalu Guyub dan Rukun sesuai namanya Paguyuban,” ungkap Manto.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm