Pentas Seni Islam Memukau pada Acara Devotion Experience (Dev-X) Kementerian Agama

7 Januari 2024 18:15 WIB
Devotion Experience (Dev-X) Kementerian Agama
Devotion Experience (Dev-X) Kementerian Agama ( )

Jakarta, Sonora.ID - Bimas Islam--Kementerian Agama (Kemenag) meriahkan perayaan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 dengan menggelar Devotion Experience (Dev-X) untuk pertama kali di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 Januari 2024. Acara yang menyajikan perpaduan unik antara kesenian, budaya dan teknologi modern ini menjadi magnet bagi generasi muda dalam menjelajahi spiritualitas di era kontemporer.

Pertunjukan seni Islam, "Islamic Art Performances," yang menjadi bagian tak terpisahkan dari gelaran ini, menampilkan kekayaan seni budaya Indonesia yang berhasil memukau ribuan pengunjung Dev-X di Hall B JCC (Sabtu, 6 Januari 2024). 

Selain pengunjung Dev-X yang tumpah ruah, beberapa pejabat Kementerian Agama tampak hadir dan larut menikmati seluruh rangkaian acara. 

Baca Juga: Rhoma Irama Ikut Perjuangkan Moderasi Beragama melalui Musik

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin disela sela acara mengajak generasi muda untuk melestarikan seni budaya sebagai bentuk membangun harmoni. "Harmoni budaya Islam adalah cermin Indonesia. Kami mengajak generasi muda untuk bersama-sama menjaga dan mengembangkan seni budaya Islam sebagai landasan kebersamaan dalam merajut kesejukan di tengah keragaman kita," ucapnya, seraya menegaskan pentingnya peran seni budaya Islam dalam mempertahankan identitas serta keharmonisan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi, menekankan peran penting perhelatan budaya ini dalam mengajak generasi muda lebih mengenal dan memajukan seni budaya Islam untuk memperkuat karakter bangsa Indonesia. "Perayaan seni budaya Islam ini bukanlah sekadar pertunjukan biasa. Ini adalah momen besar bagi generasi muda untuk menggali kekayaan seni budaya Islam serta memahami nilai-nilai harmoninya," ujarnya.

Kasubdit Seni Budaya Islam dan Siaran Keagamaan, Wida Sukmawati, menambahkan bahwa pergelaran ini mengusung gagasan harmoni Indonesia. Dalam rangkaian Islamic Art Performance ini panitia menyuguhkan kesenian tradisional asli Indonesia yaitu Rampak Beduk khas Banten, palang pintu khas Betawi, harmoni permainan musik angklung, acapela dan paduan suara Ditjen Bimas Islam. Selain itu adapula paduan suara yang dinyanyikan oleh 68 pemuda pemudi dengan mengenakan pakaian adat nusantara. 

Baca Juga: Tabrakan KA di Haurpugur, Proses Evakuasi Masih Berlangsung

Dijelaskan Wida bahwa Rampak Bedug memiliki filosofi kesatuan dan harmoni dalam kehidupan, Palang Pintu melambangkan gerbang kebijaksanaan dan pencarian ilmu sebagai penghormatan terhadap kearifan yang tercermin dalam seni Islam, Acapela dan pemakaian Baju Adat Nusantara menjadi simbol keindahan, persatuan, dan penghormatan terhadap warisan nenek moyang dari beragam budaya Nusantara. 

Pentas seni ini mendapat anatusiasme para pengunjung. Lebih dari 1000 pengunjung yang memadati JCC, menggambarkan antusiasme masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mengapresiasi serta menikmati keindahan dan makna di balik setiap penampilan seni budaya Islam yang ditampilkan. 

Acara semakin meriah karena panitia menyediakan doorprize berupa voucher belanja, sepeda gunung, ipad, dan smart watch.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm