Perkuat Perseroda Sulsel, Tanri Abeng Ingin Kembalikan Kepercayaan terhadap BUMD

11 Januari 2024 14:09 WIB
Tanri Abeng, Komisaris Utama Perseroda Sulsel
Tanri Abeng, Komisaris Utama Perseroda Sulsel ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Pengusaha senior yang juga Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama di Indonesia, Tanri Abeng, didapuk menjadi Komisaris Utama Perseroda Sulsel. Ia ditunjuk langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

"Bapak Gubernur ini memberikan perintah kepada saya agar Sulawesi Selatan ini yang punya potensi yang luar biasa ini perlu di kembangkan ekonominya," ujar Tanri Abeng di Makassar, belum lama ini.

Ia pun bertekad menjadikan Perseroda Sulsel sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik sekaligus contoh bagi perusahaan daerah yang ada di Indonesia.

Mantan Komisaris Utama PT Pertamina itu tak menampik, kontribusi BUMD untuk mendongkrak perekonomian daerah masih kecil.

Karena itu, BUMD tidak bisa jalan sendiri, melainkan harus menggandeng mitra strategis.

"BUMD belum bangkit sama sekali padahal potensi yang ada di daerah itu seyogyanya dikembangkan melalui aktor-aktor ekonomi. BUMD tidak boleh sendiri tetapi harus bermitra. Dunia saat ini tidak bisa membangun sendiri kita harus kerjasama,"ucapnya.

Menurutnya, tantangan terbesar saat ini adalah mengembalikan kepercayaan para pelaku ekonomi terhadap BUMD. Sebab faktanya, BUMD kerap dipandang sebelah mata serta dinilai kurang menguntungkan.

Baca Juga: Pj Gubernur Minta Audit Perseroda Sulsel, Upaya Perbaikan dan Cari Solusi

"BUMD itu lembaga yang paling tidak di percaya oleh pelaku ekonomi. Semua mereka mengatakan kalau sudah BUMD ya udahlah, kami tidak mau kerjasama. Tapi disini yang kita butuhkan trust (Kepercayaan). Modal saya mungkin satu-satunya adalah trust oleh banyak masyarakat pelaku ekonomi," sebutnya.

Saat ini, kata dia, investor dari Arab Saudi dan Qatar yang sudah siap bekerjasama dengan BUMD Sulsel. Ia optimistis, BUMD Sulsel ke depan akan menjadi rule model di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, Tanri Abeng adalah salah seorang tokoh nasional asal Sulsel yang sangat disegani. Banyak kebijakan ekonomi nasional lahir dari hasil pemikiran Tanri Abeng.

"Beliau yang membentuk sekaligus beliau yang menjadi menteri BUMN pertama," ucap Bahtiar.

Karenanya, ia berharap kehadiran Tanri Abeng kembali ke Sulsel dapat memajukan kampung halamannya agar lebih maju.

"Alhamdulillah beliau berkenan pulang kampung. Mungkin dalam pencapaian hidup beliau sudah semua, tapi masih ada semua yang belum yakni pulang membangun kampung agar daerah ini bisa lebih maju dari daerah-daerah lain di Indonesia bahkan di dunia." harapnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm