6 Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Ada yang Mendunia!

12 Januari 2024 16:10 WIB
Ilustrasi Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Ada yang Mendunia!
Ilustrasi Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Ada yang Mendunia! ( Freepik)

Sonora.ID – Dengan daratan dan lautan yang subtropis, Indonesia bercita-cita menjadi negara dengan perekonomian yang menguntungkan.

Dari ujung utara hingga ujung selatan, banyak temuan masa lalu yang dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan rasa kesejahteraannya.

Beberapa rempah khas Pertiwi, seperti lada, kayu manis, jahe, kencur, cengkeh, dan lain-lain, sudah lama dianggap primadona.

Selain itu, pada masa kemerdekaan, masyarakat dari negara lain juga menunjukkan minat untuk mengurangi volatilitas bursa Indonesia.

Pengolahan rempah-rempah tersebut menghasilkan makanan tradisional Indonesia yang menjadi identitas bangsa hingga saat ini.

Tak heran jika beberapa kuliner khas nusantara menjadi populer di kalangan wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia karena rasanya yang luar biasa.

Jawa Timur memiliki segudang suguhan masakan tradisional yang nikmat. Dengan puluhan kota dan kabupaten, provinsi ini menawarkan beragam hidangan tradisional yang disukai jutaan orang.

Jadi ini dia beberapa makanan Jawa Timur yang mendunia.

1. Tahu campur

Makanan klasik Indonesia dari Jawa Timur adalah tahu campur.

Sup ini biasanya dibuat dengan kombinasi kaldu sapi, tahu goreng, salad hijau, tauge, mie telur, sambal petis (cabai rawit dan terasi), singkong goreng berbumbu (lentho), kerupuk bawang putih (bawang krupuk), dan a pasta bumbu yang mengandung bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, dan lada hitam.

Halaman Berikutnya
Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm