7 Contoh Personal Letter untuk Orang Tua Bahasa Inggris dan Artinya

14 Januari 2024 19:12 WIB
Ilustrasi Contoh Personal Letter untuk Orang Tua
Ilustrasi Contoh Personal Letter untuk Orang Tua ( Pexels)

Sonora.ID – Berikut contoh personal letter untuk orang tua dalam bahasa Inggris dan artinya yang dapat dijadikan referensi untuk pembelajaran.

Personal letter atau surat pribadi adalah teks yang ditujukan kepada sahabat, teman, keluarga atau orang-orang terdekat.

Contoh personal letter biasanya menggunakan bahasa yang tidak formal dan bersifat santai, namun, kamu tentunya tetap harus memperhatikan sopan santun dalam berbahasa.

Struktur Personal Letter

  1. Date (Tanggal), umumnya, tanggal ditulis pada ujung kiri atas. Tanggal menunjukkan kapan waktu surat ditulis.
  2. Address (Alamat), bagian ini adalah tempat dimana kamu menulis surat atau alamat asal si pengirim tinggal. Alamat ditulis pada bagian kanan atas.
  3. Salutation & Name (Salam dan Nama), pada bagian salutation dan nama bertuliskan salam pembuka dan juga nama penerima surat.
  4. Introduction (Pembukaan), bagian pembuka pada personal letter biasanya dimulai dengan kalimat tanggapan dari surat sebelumnya atau bisa juga awal perkenalan diri jika kalian baru memulai surat menyurat.
  5. Body (Isi Surat), pada bagian body merupakan isi atau inti dari suatu surat. Pada bagian body, kalian menceritakan seluruh isi surat yang ingin kamu tuliskan.
  6. Closure (Penutup), bagian penutup pada personal letter berfungsi untuk menutup pembicaraan, yang menunjukkan bahwa surat tersebut akan segera selesai.
  7. Complimentary Close (Salam Penutup), bagian ini merupakan ungkapan penutup pendek.
  8. Signature (Tanda Tangan), bagian ini berada di bawah complementary close, kalian bisa menambahkan tanda tangan kalian atau inisial nama kalian.

Supaya lebih paham lagi, mari simak 7 contoh personal letter untuk orang tua dalam bahasa Inggrisnya dan artinya berikut ini.

Baca Juga: 30 Contoh Kalimat Unless dalam Bahasa Inggris, Beserta Artinya

Contoh 1

Dear Mom and Dad,

How are you? I hope you are fine. I’m writing this letter to inform you that I have a business trip to Jakarta next month. I’m so happy that my boss appoints me on this trip. You know that my job doesn’t allow me to go home so often, so I am going to use this chance to meet you.

You probably don’t have any idea how much I miss all of you. I can’t wait to meet and hug you.

Love,

Dinda, your daughter

Terjemahan:

Kepada Ibu dan Ayah,

Apa kabar? Semoga kalian baik-baik saja. Aku menulis surat ini untuk memberi tahu kalian bahwa aku akan melakukan perjalanan bisnis ke Jakarta bulan depan. Aku sangat senang bosku menunjukku untuk perjalanan ini. Kalian tahu pekerjaanku tidak mengizinkanku untuk sering pulang, jadi aku akan menggunakan kesempatan ini untuk bertemu kalian.

Kalian mungkin tidak tahu betapa aku sangat merindukan kalian. Tidak sabar untuk bertemu dan memeluk kalian.

Salam sayang,

Dinda, putri kalian

Contoh 2

Dear Mommy and Daddy

How are you? I hope you are fine. I'm writing this letter to inform you that I have a business trip to Singapore next month. I'm so happy that my boss appoints me on this trip. You know that my job doesn't allow me to go home so often, so I am going to use this chance to meet you all.

You probably don't have any idea how much I miss all of you. I can't wait to meet and hug you after all this time.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm