10 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Beserta Cara Menggunakannya

16 Januari 2024 15:29 WIB
Ilustrasi Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan ( Kompas.com)

Sonora.ID – Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) atau belimbing sayur adalah salah satu buah yang sudah dikenal masyarakat.

Belimbing wuluh memiliki cita rasa asam dengan bentuk buah lonjong berwarna hijau. Biasanya belimbing wuluh digunakan sebagai campuran hidangan sayur dan banyak hidangan lainnya.

Mengutip Journal of Pharmacy and Bio Allied Sciences, belimbing wuluh memiliki efek antidiabetes, antihipertensi, antitrombotik, hipolipidemik, hepatoprotektif, antikanker, dan penyembuhan luka karena sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang kuat.

Meski berukuran kecil, ternyata ada beragam manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan yang menarik untuk diketahui.

Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mampu menurunkan tekanan darah hingga mencerahkan kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Krisan Bagi Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui! 

Lebih lengkapnya, mari simak 10 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan, beserta cara menggunakannya berikut ini.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa belimbing wuluh bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hal ini berkat kandungan antioksidan dan serat di dalam belimbing wuluh.

Manfaat belimbing wuluh ini tentu sangat baik dirasakan oleh penderita diabetes yang ingin mengendalikan kadar gula darahnya.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam belimbing wuluh berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, vitamin ini juga diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan tingginya kandungan kalium di dalam belimbing wuluh membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Cuci bersih 3 butir buah belimbing wuluh lalu potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, saring hasil rebusan, lalu minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, minum 3 hari sekali dengan jumlah yang sama.

  1. Mengobati Diabetes

Menurut NCBI, belimbing wuluh terbukti ampuh mengobati diabetes atau kadar gula dalam darah terlampau tinggi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm