25 Contoh Teks Tanggapan: Singkat, Beragam Tema, dan Strukturnya

17 Januari 2024 16:06 WIB
Kumpulan contoh teks tanggapan yang singkat, pendek, beragam tema, lengkap dengan strukturnya.
Kumpulan contoh teks tanggapan yang singkat, pendek, beragam tema, lengkap dengan strukturnya. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kita akan belajar mengenai teks tanggapan lengkap dengan struktur dan contohnya. Apa yang dimaksud dengan teks tanggapan itu? 

Mengutip dari buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII, teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya (film, buku, novel, drama, dan sebagainya) sehingga orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut. 

Teks tanggapan ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau menonton sebuah karya.

Struktur Teks Tanggapan

Sebuah teks tanggapan biasanya memiliki struktur di antaranya sebagai berikut.

  • Konteks: bagian ini berisi tentang pengenalan buku yang akan ditanggapi.
  • Deskripsi: berisi penjelasan lebih detail tentang isi buku, dari mulai ide cerita, alur, sampai tokoh-tokohnya,
  • Penilaian: bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku, termasuk di dalamnya kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku. 

Sementara itu, teks tanggapan kritis biasanya memiliki struktur sebagai berikut.

  • Evaluasi: berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
  • Deskripsi: berisi informasi tentang data-data dan pendapat yang mendukung atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan ulang: berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.

Untuk memahaminya dengan lebih baik berikut kami sajikan kumpulan contoh teks tanggapan yang singkat, pendek, beragam tema lengkap dengan strukturnya, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Prosedur tentang Kesehatan Singkat dengan Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan: Singkat, Beragam Tema, dan Strukturnya

(A) Contoh Teks Tanggapan terhadap Karya Sastra

Contoh 1

Konteks:

  • Judul Buku: Itam dan U
  • Penulis: Yovita Siswati
  • Ilustrator: Evi Shelvia
  • Jumlah halaman: 48 halaman
  • Penerbit: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
  • Tahun terbit: 2020

Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Buku bergambar ini dilengkapi ilustrasi yang mengaduk-aduk emosi.

Cerita ini dibuka dengan nyanyian Smong yang dinyanyikan Cik Lam, seorang tokoh bapak dalam cerita ini. Konon Smong, yang artinya gelombang besar, merupakan pertanda terjadinya tsunami. 

Deskripsi:

Singkat kata, Itam terpisah dari teman bermainnya saat itu, yaitu Micel, saat gempa terjadi. Itam dihantam oleh gelombang air laut yang tinggi, lalu diombang-ambingkan hingga akhirnya ia tersangkut di sebatang pohon kelapa. 

Ia menunggu di sana hingga diselamatkan oleh tim penyelamat. Sayang, Itam tak dapat berjumpa dengan Micel, juga orang tuanya. 

Itam terus mencari keluarganya dan merasa putus asa. Itam terus menunggu di pohon kelapa dan menghitung jumlah hari yang dilaluinya dengan menggambarnya di batang U, pohon kelapa itu.

Buku ini mengisahkan proses perubahan sikap seorang anak korban tsunami. Awalnya ia menangisi ayah dan ibunya yang tidak kembali, tetapi ia akhirnya mampu menerima keadaannya. 

Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah. Saya suka sekali buku ini. 

Meskipun cerita dalam buku ini sedih, penulis mengakhiri cerita dengan optimisme. Penulis seolah menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus melupakan masa lalunya.

Penilaian:

Buku ini mengingatkan saya kepada buku cerita lain tentang tsunami, ilustrasi buku ini lebih bagus. Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. 

Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium. Buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud ini juga mengingatkan saya untuk lebih menyayangi keluarga saya. 

Menurut saya, buku ini cocok untuk dibaca siapa saja, terlebih mereka yang menyukai gambar dan ilustrasi. 

Contoh 2

Evaluasi:

Salah satu maestro yang sangat terkenal di Indonesia karena lukisannya ialah Basuki Abdullah. Beliau merupakan pelukis yang mempunyai karya yang sangat terkenal hingga pelosok dunia.

Ciri khas lukisan dari Basuki Abdullah ialah mampu menggambarkan pemandangan dengan ekspresif. Meskipun diciptakan dari goresan kuas, namun hasilnya tetap rapi.

Selain itu, hasil lukisan karya Basuki Abdullah selalu mirip dengan pemandangan aslinya. Salah satu lukisan yang sangat terkenal ialah yang berjudul “Pantai Flores”.

Deskripsi:

Lukisan Pantai Flores menggambarkan keindahan pantai dari sudut pandang pelukis yang cukup istimewa. Seluruh bagian Pantai Flores mampu digambarkan dengan bagus oleh Basuki Abdullah.

Di mana dalam lukisan pemandangan ini memuat bukit, pantai, hutan, dan lautan. Hutan yang digambarkan dalam lukisan ini sangat detail digambarkan oleh pelukis.

Pada bagian paling depan tampak pepohonan yang meliuk dan rindang. Hal ini menjadi figur yang cukup kuat untuk mendukung objek pemandangan lain.

Ombak yang digambarkan terlihat kuat menuju tepi pantai. Meskipun digambarkan dengan kuat, namun ombak tetap terlihat anggun dan lembut beserta buih putihnya.

Terdapat dua sosok yang terlihat sedang menikmati pemandangan Pantai Flores. Kedua sosok yang digambarkan tersebut mampu memberikan gambaran lebih mengenai keindahan pantai.

Di mana salah satu sosok yang digambarkan sedang berada di atas karang untuk menyambut ombak. Posisi tangan yang sedang merentang memberikan narasi lebih akan pemandangan.

Adapun bukit yang berjejeran digambarkan mulai dari paling dekat hingga paling jauh. Di mana bagian paling dekat terlihat sangat hijau dan semakin jauh warnanya akan semakin memudar.

Hal tersebut memberikan kekuatan lukisan yang menjadikan kita ingin lebih menelusuri karya. Bukit tersebut mengarahkan pada pemandangan pegunungan lengkap dengan langit biru.

Penegasan Ulang:

Lukisan Pantai Flores karya Basuki Abdullah merupakan mahakarya yang mampu menyajikan keindahan alam secara detail.

Di mana keindahan alam yang diciptakan dalam lukisan melalui sudut pandang yang cemerlang. Komposisi pemandangan yang disusun menjadikan keindahan alam lebih harmonis.

Meskipun dalam satu lukisan memuat banyak objek pemandangan, namun lukisan tetap terlihat anggun dan lembut.

Hal tersebut menjadi keunggulan yang dimiliki oleh lukisan tersebut. Ciri khas karya Basuki Abdullah ialah mampu membuat pemandangan rumit menjadi karya yang natural.

Contoh 3

Evaluasi:

Bumi Manusia merupakan novel yang cukup terkenal dan ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. Dalam novel ini memuat banyak cerita sejarah pada masa penjajahan Belanda.

Dengan demikian, novel ini cukup menjunjung tinggi pesan nasionalisme. Pram sendiri memperoleh berbagai penghargaan dari novel Bumi Manusia yang ia tulis.

Pada tahun 2005 novel Bumi Manusia telah berhasil diterbitkan hingga 33 bahasa yang berbeda. Sehingga novel ini telah terjual di berbagai negara pula.

Deskripsi:

Novel Bumi Manusia mempunyai latar belakang cerita pada akhir abad 18, yakni sebelum Indonesia merdeka atau masih dalam jajahan Belanda.

Dalam novel ini penulis menunjukkan suasana kolonial Hindia Belanja dengan sangat detail. Wonokromo menjadi salah satu lokasi yang digambarkan pada novel ini.

Di mana lokasi Wonokromo merupakan daerah perkebunan yang ada di Kabupaten Blora, Surabaya. Pembaca berhasil terbawa pada suasana kolonial pada masa penjajahan.

Minke merupakan tokoh utama pada novel ini, dimana dia diceritakan sebagai keturunan pribumi.

Minke sering menerima caci maki oleh kaum Belanda atas bentuk fisik pribumi yang Ia miliki.

Akan tetapi, dari sudut pandang orang pribumi Minke tergolong dalam orang yang terpelajar. Oleh sebab itu, Minke harus bergaul dengan rakyat Belanda yang rata-rata terpelajar pula.

Minke memperoleh kesempatan untuk menempuh bangku pelajaran di sekolah Hindia Belanda. Dia dikenal sebagai orang yang hampir melupakan negerinya sendiri.

Pada akhirnya dia tetap sadar bahwa budaya pribumi lah yang harus dijunjung tinggi. Kekagumannya terhadap bangsa Eropa dipatahkan karena pribumi dijadikan sebagai budak.

Di mana pada saat itu para penjajah sama sekali tidak menghargai manusia pribumi. Novel ini pada intinya menceritakan perjuangan Minke dalam melawan pengadilan Belanda.

Bagi Minke sistem pengadilan Belanda pada masa itu sangat tidak adil untuk kaum pribumi. Diceritakan Minke bertemu dengan Annelies yang merupakan gadis keturunan Belanda.

Annelies mampu meluluhkan hati Minke dan membuatnya jatuh cinta. Hal tersebut membuat konflik dalam novel menjadi semakin kental.

Penegasan Ulang:

Bumi Manusia merupakan novel yang menceritakan kehidupan pada masa penjajahan Belanda. Mahakarya ini ditulis dengan penuh perhatian pada setiap alur dan detailnya.

Tidak heran jika Pramoedya Ananta Toer memperoleh berbagai penghargaan Nobel dari Bumi manusia.

Novel ini cukup memberikan pengaruh yang banyak dan besar terhadap masyarakat.

Kombinasi antara pesan moral, alur cerita diluar akal sehat, dan sejarah menjadi kekuatan tersendiri dari novel ini.

Contoh 4

Evaluasi:

Puisi berjudul “Ibu” ini menggambarkan besarnya pengorbanan serta jasa yang telah dilakukan seorang ibu kepada anak.

Dalam puisi ini menggambarkan ibu sebagai sosok yang selalu ada dan menjaganya anak-anaknya. Pada salah satu bait penulis menyampaikan sebuah doa kepada seorang ibu.

Selain itu, dalam puisi ini juga menyampaikan harapan agar senyuman seorang ibu tidak pernah pudar. Doa yang dicantumkan untuk ibu dalam puisi ini juga menyangkut rezeki untuk ibu.

Deskripsi:

Penulis dari puisi dengan judul “Ibu” ini bernama Cantika Ayu. Dalam puisi ini digambarkan kesadaran seorang anak akan kasih sayangnya kepada ibu yang sangat besar.

Pada puisi ini juga menggambarkan betapa besar kasih sayang sang ibu yang tak pernah tergantikan. Isi dari puisi ini adalah doa untuk seorang ibu dan harapan agar ibu selalu berbahagia.

Terdapat keunggulan yang dimiliki oleh puisi ini dan menjadikan pembaca kagum. Keunggulan puisi yang berjudul ibu ini adalah dapat menggambarkan kehidupan sehari-hari seorang ibu.

Penegasan Ulang:

Puisi yang berjudul “Ibu” ini terkesan sederhana namun mempunyai arti yang tidak ada tandingnya. Berbagai kekurangan yang ada pada puisi ini mampu tertutup oleh keunggulannya.

Mahakarya ini dapat menyadarkan para pembaca terhadap kasih sayang seorang ibu yang sangat besar.

Contoh 5

Evaluasi:

Cerpen berjudul “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” mempunyai alur cerita yang cukup mendalam.

Dalam cerpen ini mengisahkan seorang tokoh Adit yang menebarkan perasaan indah.

Hal tersebut menjadikan para pembaca merasakan suasana pengkhianatan, kebahagiaan, penyesalan, dan kesedihan. Berbagai perasaan tersebut bercampur aduk menjadi satu.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh cerpen ini, yakni alur ceritanya kurang cocok dibaca oleh anak-anak. Hal ini disebabkan cerita cerpen didominasi dengan cerita cinta remaja.

Selain itu, terdapat berbagai adegan kekerasan yang dilakukan oleh beberapa tokoh. Dari segi pendidikan moral cerpen ini juga kurang cocok untuk anak di bawah umur.

Deskripsi:

Cerpen “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” adalah karya dari sastrawan yang bernama Arief Setiawan. Secara garis besar cerpen ini mengisahkan tentang kisah cinta remaja.

Cerita dalam karya sastra ini berawal dari tokoh utama Adit dan Dewi yang merupakan murid SMP. Keduanya saling kenal dan pertemuannya diawali ketika mereka duduk di bangku SMP.

Setelah mereka saling kenal, hubungan mereka meningkat menjadi teman dekat dan saling berbagi cerita tentang permasalahan masing-masing.

Munculnya perasaan suka Adit diawali karena sikap baik yang dilakukan oleh Dewi kepada Adit. Setelah melanjutkan sekolah ke bangku SMA, mereka harus berpisah.

Di SMA Adit mendapatkan seorang pacar, namun pada akhirnya putus hubungan. Setelah putus hubungan dengan pacar, Adit justru memulai pacaran dengan Dewi.

Masalah yang dihadapi Adit dan Dewi adalah ketika mantan Adit meminta untuk kembali bersama. Adit salah mengambil keputusan, yakni meninggalkan Dewi dan kembali dengan mantannya.

Dalam cerpen ini, tokoh utama tidak memiliki pendirian yang teguh dan selalu menyesali perbuatannya sendiri.

Penegasan Ulang:

Cerpen dengan judul “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” ini mempunyai cerita yang menarik dan tidak membosankan.

Akan tetapi, kurang memberikan manfaatkan bagi pembaca terutama anak di bawah umur. Hal tersebut dikarenakan cerita yang dibawakan mengisahkan kisah cintan remaja.

Meskipun demikian, tetap ada pelajaran moral yang terkandung di dalamnya, yakni persahabatan yang didasari dengan kasih sayang.

Contoh 6

Evaluasi:

Film berjudul “Sang Pemimpi” ini memuat banyak motivasi, terutama untuk pelajar SMA. Kisah yang disajikan dalam film ini sangat mengharukan dan membuat penonton tersentuh.

Dalam film ini menceritakan tentang rasa setia kawan antar persahabatan serta prioritas akan pendidikan. Banyak hal lucu yang termuat dalam film sehingga penonton merasa senang.

Film ini dapat ditonton oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sampai saat ini film “Sang Pemimpi” telah mencapai lebih dari 2 juta penonton.

Deskripsi:

Sang Pemimpi merupakan film yang diadaptasi dari novel Laskar Pelangi versi keduanya. Film yang digarap pada tahun 2009 ini menceritakan tentang kehidupan penulis ketika masa SMA.

Latar belakang dari film ini berada di Bangka Belitung. Terdapat 3 tokoh utama dalam film Sang Pemimpi, yakni Jimbron, Ikal, dan Arai.

Ikal merupakan tokoh yang menulis novel ini, yaitu Andrea Hirata sendiri. Sedangkan Arai adalah seorang yatim piatu yang masih ada ikatan saudara dengan Ikal.

Jimbron sendiri merupakan teman dekat Ikal dan Arai yang selalu gagap ketika sedang dalam kondisi gugup atau antusias terhadap suatu hal.

Penegasan Ulang:

Film Sang Pemimpi mampu memberikan berbagai pelajaran dan hikmah mengenai pentingnya sifat pantang menyerah.

Dengan adanya film ini mampu menggugah penonton untuk tetap semangat dalam menggapai sesuatu hal, terutama untuk anak remaja SMA.

Contoh 7

Evaluasi:

Lagu Heal The World berhasil dibawakan dengan sebuah alunan melodi musik yang mampu menyentuh jiwa pendengar. Dimana alunan melodi pada lagu ini disusun oleh Michael Jackson.

Michael Jackson membuat alunan melodi lagu ini dalam bentuk pop melankolis. Dimana alunan melodi yang dibuat mampu menciptakan atmosfer pendengar menjadi tersentuh.

Lirik yang terdapat dalam lagu ini pun mempunyai makna yang sangat berarti dan mendalam. Hampir seluruh orang yang mendengar lagu ini tergugah karena liriknya yang begitu berarti. 

Terdapat kelemahan yang dimiliki lagu ini, yakni durasi yang terlalu lama. Dengan lirik yang sering diulang-ulang dalam durasi lama membuat pendengar seringkali merasa bosan.

Deskripsi:

Heal The World adalah lagu yang dirilis oleh King of Pop pada tahun 1991. Lagu ini dirilis dalam sebuah album dengan judul “Dangerous”.

Dalam Bahasa Indonesia lagu ini mempunyai arti “Menyembuhkan Dunia”. Lagu dengan durasi 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang harapan manusia terhadap bumi menjadi lebih baik.

Keinginan terhadap bumi untuk menjadi tempat tinggal lebih baik tersebut ditujukan pada generasi berikutnya. Lagu ini lebih mengajak manusia untuk menuju pada perdamaian dunia.

Tidak hanya sekedar perdamaian, namun lagi ini juga menjadi sebuah kampanye untuk hidup disertai kasih sayang antar sesama manusia.

Pada awal lagu pendengar akan disuguhkan dengan adegan anak-anak yang sedang membaca syair. Dimana syair yang dibacakan tentang generasi muda yang berhadap dunia baik-baik saja.

Syair tersebut menceritakan bahwa anak muda ingin melihat dunia menjadi tempat yang indah untuk generasi selanjutnya.

Pesan yang disampaikan dalam lagu ini cukup kuat dan mampu membuat pendengar tersentuh. Apabila manusia mau berusaha, maka kebahagiaan di dunia dapat dirasakan tanpa ketakutan.

Hidup berdasarkan cinta mampu menjadikan dunia tumbuh lebih baik serta memperbaikinya.

Lirik lagu ini sangat menegaskan harapan untuk berhentinya perang peperangan yang terjadi di dunia.

Penegasan Ulang:

Lagu Heal The World mempunyai makna yang sangat mendalam dan benar-benar mampu membuat pendengar tersentuh.

Liriknya yang memiliki makna dalam dapat menggugah rasa kemanusiaan setiap pendengar. Harapan yang paling utama dalam lagu ini adalah berhentinya berbagai peperangan di dunia.

Contoh 8

Pendidikan di Sekolah

Evaluasi:

Foxfire adalah satu di antara metode ajar terbaru dengan memberikan tugas kepada siswa dengan melakukan beberapa kajian di suatu daerah. Kemudian hasilnya ditulis dalam bentuk laporan.

Deskripsi Teks:

Pengaplikasian metode belajar ini bertujuan untuk membimbing siswa untuk menyadari pentingnya menjaga warisan budaya dan aspek sosialnya di masyarakat Indonesia.

Dalam metode ini, guru berperan sebagai mentor yang membimbing siswanya. Foxfire mengembangkan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Namun, penerapan metode ini memakan waktu yang cukup lama sehingga tidak cukup efisien untuk jadwal kurikulum sekolah.

Penegasan Ulang:

Berdasarkan penjelasan tersebut, Foxfire adalah metode belajar yang unik. Namun, metode ini membutuhkan waktu pengerjaan yang lama, tetapi masih dapat disiasati dengan model Ebook Novel penugasan proyek dan memanfaatkan waktu di luar KBM untuk mengerjakan tugas ini.

Contoh 9

Kebakaran Hutan

Evaluasi:

Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Namun, apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

Deskripsi Teks:

Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatra dan Kalimantan. Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain.

Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan makin luas. Namun, keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak.

Penyelidikan mengenai satu di antara faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru.

Peran pemerintah pun dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

Penegasan Ulang:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm