Sadar Bahaya Penyakit Jantung Coroner, Polda Sumsel Gelar Penyuluhan Anggota Polres Jajaran

19 Januari 2024 12:00 WIB
Sadar Bahaya Penyakit Jantung Coroner, Polda Sumsel Gelar Penyuluhan Anggota Polres Jajaran
Sadar Bahaya Penyakit Jantung Coroner, Polda Sumsel Gelar Penyuluhan Anggota Polres Jajaran ( Humas Polda Sumsel)

Palembang, Sonora.ID - Sebagai wujud kepedulian Bid. Dokes Polda Sumsel terhadap kesejahteraan dan kesehatan para anggota kepolisian dalam menjaga Harkamtibmas, Polda Sumsel menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang penyakit jantung koroner dan pola hidup sehat bagi anggota yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2024 pukul 09.30 WIB bertempat di Gedung Serba Guna Lantai 7 Gedung Presisi Mapolda Sumsel.

Kabid Dokkes Polda Sumsel, Kombes Pol. dr. Samsul Bahar, M.Kes mengatakan bahwa tujuan penyuluhan kesehatan tentang penyakit jantung coroner adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para anggota yang terlibat dalam operasi terkait dengan resiko kesehatan jantung koroner dan pentingnya menjalani pola hidup sehat.

Baca Juga: 3 Tanda Serangan Jantung Pada Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

“Bahwa hasil dari rikes anggota Satgas OMB ditemukan beberapa hasil rikes anggota yang berpotensi terkena jantung koroner dengan temuan beberapa indikasi penyakit yaitu overweight, hipertensi, dan diabetes. Kesehatan jantung adalah kunci utama untuk menjalankan tugas dengan baik. Dengan pengetahuan yang diberikan dalam penyuluhan ini anggota dapat lebih peduli terhadap kesehatan pribadi mereka dan menerapkan pola hidup sehat serta menambah pengetahuan penyakit janting coroner, " ujar Kombes Pol. dr. Samsul Bahar.

“Penyakit jantung koroner merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian serius, terutama bagi para anggota yang terlibat dalam tugas-tugas operasional yang memerlukan kesiapan fisik dan mental yang optimal,” tambahnya lagi.

Penyuluhan tentang penyakit jantung coroner disampaikan oleh dr. Ardhia Kusuma Putri, Sp.JP, perwakilan dari RS. Siti Fatimah Palembang.

Ardhia Kusuma Putri, Sp.JP (dokter spesialis jantung dan pembuluh darah) menyatakan bahwa penyakit jantung coroner disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah karena adanya lemak dan pengerasan yang menghambat aliran darah.

Penyakit jantung koroner ini bukan penyakit yang menular dan dapat dicegah dari usia muda karena rata rata yang terkena adalah laki laki yang berusia 45 tahun dan wanita yang berusia 55 tahun keatas.

Baca Juga: Ternyata Biji-bijian Ini Mampu Turunkan Darah Tinggi

Ada beberapa tanda / gejala dari jantung koroner yaitu nyeri seperti dada tertekan, nyeri pada (lengan, punggung, bahu, leher atau rahang), nafas pendek/susah bernafas, pusing atau berkeringat dingin, mual muntah, dan merasa sangat lelah.

Cara pencegahannya adalah dengan pola makan dan hidup yang SEHAT (Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi stress, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga, serta istirahat cukup).

Dari data yang didapat 80% penyakit jantung meninggal mendadak karena serangan jantung dan 50% diantaranya tanpa gejala sebelumnya.

Penyuluhan ini dihadiri oleh polres jajaran Polda Sumsel mulai dari Kasatgas, Kasubsatgas, operator dan anggota yang terlibat dalam satgas Operasi Mantap Brata Musi 2024.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm