Terapi Mandi yang Luar Biasa: Rilis Stres dan Segarkan Pikiran dengan Mindfulness di Balik Guyuran Air

20 Januari 2024 14:50 WIB
Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi ( Freepik)

By: Gaizka Naufal Winalda

Sonora.ID - Menjaga tubuh kita, seperti mandi secara teratur membantu menjaga kesehatan fisik di dalam kenikmatan yang luar biasa.

Disamping itu juga sebagai momen untuk mengistirahatkan pikiran dan jiwa dari hiruk pikuk kehidupan setelah seharian kegiatan yang dialami agar kembali segar untuk menjalani aktivitas yang produktif, esoknya ataupun nantinya.

Ketika mandi, secara langsung kita melakukan grounding dengan memanfaatkan sensorik air yang mengalir dan wewangian dari body wash yang membuat suasana hati menjadi positif.

Mandi mungkin sangat menyegarkan atau mempercepat dan membuat cemas, tergantung pada kondisi mental kita saat kita memasukinya.

Baca Juga: 10 Manfaat Mandi Air Hangat, Bisa Hilangkan Lelah dan Stres!

Mungkin saja, ada kalanya ketika keluar rumah dengan hanya satu kaki yang dicukur ataupun busa sabun yang masih melekat pada tubuh karena pikiran yang terlalu sibuk dengan semua hal yang harus diselesaikan saat itu.

Mencoba untuk menghadirkan raga dalam setiap gerakan saat mandi membantu kita untuk lebih tenang dan tidak tergesa-gesa.

Rahasia dari mandi mindful, serta banyak latihan mindfulness lainnya, adalah dengan sengaja memusatkan pikiran kamu pada lingkungan kamu daripada mencoba menjernihkannya.

Atur suhu pancuran kamu ke pengaturan ideal segera setelah kamu masuk. Saat udara di kamar mandi kamu menghangat karena pancuran, perhatikan perubahan suhunya. Saat air pertama kali mencapai kulit kamu, perhatikan bagaimana rasanya. Apakah ini hangat? Terlalu hangat? Apakah kamu menggigil?

Menurut ahli, mindfulness membantu kita mengidentifikasi kapan perhatian kita teralihkan atau tidak lagi hadir sepenuhnya pada saat itu.

Perhatikan baik-baik perasaan yang muncul selama proses pembersihan. Nikmati aroma yang berasal dari sampo, kondisioner, dan sabun kamu. Perhatikan apa yang kamu rasakan saat menyikat gigi atau bercukur. Bulu sikat gigi menghilangkan napas pagi atau malam hari, dan pisau cukur memotong kulit kamu dengan mulus.

Pertimbangkan apa arti pengalaman indrawi yang menakjubkan bagi kamu ketika kamu memperhatikannya.

Membersihkan mungkin merupakan pengalaman yang menyegarkan.

Pertimbangkan peluang yang ada di hari mendatang serta masa lalu yang perlahan-lahan kamu hapus.

Wajar dan diantisipasi jika pikiran kamu melayang pada semua hal yang harus kamu selesaikan hari itu.

Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Dingin, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Mood

Perlakukan diri kamu dengan kebaikan dalam semangat perhatian. Saya menghargai kamu mengingatkan saya tentang hal itu, otak! Saya akan segera menyelesaikannya. Setelah itu, kembalikan perhatian kamu ke indra kamu—sensasi air, aroma sabun. Cobalah rasakan setiap tetes air yang menyentuh punggung kamu dan cobalah memperlambat waktu.

Saat kamu membersihkan, perhatikan ketegangan yang kamu timbulkan pada diri sendiri. Apakah kamu mencuci kulit kepala seolah-olah kulit kepala kamu ditutupi lapisan kotoran dan kotoran yang tebal? Kemungkinan besar, hal itu tidak diperlukan. Perlakukan tubuh kamu dengan kebaikan dan kesadaran akan metode yang biasa kamu gunakan untuk merawatnya.

Mandi ini tidak perlu memakan waktu lebih lama dari mandi pada umumnya. Ini mungkin memakan waktu dua puluh, atau empat menit, tergantung pada berapa lama waktu yang kamu rasa nyaman.

Kamu akan merasa lebih istirahat jika berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan saat ini daripada mengkhawatirkan apa yang seharusnya kamu katakan kepada orang tersebut tadi malam atau apa yang harus kamu lakukan saat pergi ke luar. Istirahatkan pikiran kamu sehingga ketika kamu kembali, kamu dapat mengatur lebih banyak!

PenulisFreepik
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm