Topi Mengkilap dan Sempurna: Rahasia Cuci yang Tepat Sesuai Arahan Para Ahli!

23 Januari 2024 18:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi ( Freepik)

Sonora.ID - Apakah kamu penggemar memakai topi? Atau apakah kamu memiliki banyak macam topi bergaya di rumah dan merupakan seorang kolektor? Tentu saja, membersihkan topi kamu masuk akal, terutama jika kamu memiliki topi favorit yang selalu kamu bawa. Oleh karena itu, konveksitopi.id akan membahas seluruh detail petunjuk cara mencuci topi di rumah dengan mudah dan benar pada kesempatan kali ini. Semoga kamu beruntung!

kamu mungkin percaya bahwa membersihkan topi itu sederhana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah merendamnya dalam seember air sabun, menggosoknya, membilasnya, lalu menepuknya hingga kering. Seringkali hal ini dapat dilakukan, namun perlu diingat bahwa jenis hiasan kepala yang berbeda memerlukan perawatan dan bahan yang berbeda. Oleh karena itu, untuk memperpanjang umur topi kamu, mempelajari cara mencuci yang benar sangatlah penting.

Belum lagi, kulit kepala yang berkeringat dapat menimbulkan bau tidak sedap pada topi dan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan setelah dipakai dalam waktu lama. Sebelum menggunakan topi, cucilah secara menyeluruh untuk menjaga kebersihannya. Tentu saja tidak nyaman memakai topi yang bau dan tidak bersih, bahkan dapat mengiritasi kulit kepala. Berikut caranya:

  1. Siapkan ember/baskom

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah wadah jika kamu berencana mencuci topi dengan tangan. kamu bisa menggunakan ember atau baskom yang sudah diisi air dingin sebagai wadah mencuci. Selain menyebabkan topi lebih cepat menyusut, air mendidih atau air hangat juga tidak boleh digunakan pada topi karena dapat menyebabkan warnanya cepat memudar. kamu pasti harus menggunakan prosedur ini pada topi baseball kamu.

Baca Juga: Aneh tapi Ampuh, Coba Masukkan Topi ke dalam Kulkas lalu Lihat Manfaatnya

  1. Siapkan detergent cair

Untuk memastikan sabun deterjen cepat larut dalam air, sebaiknya gunakan bentuk cair. kamu perlu menggunakan sabun wol khusus jika topi rajut kamu terbuat dari wol. Mengapa harus menjadi pengalaman unik? karena serat pada wol mudah terurai. Coba gunakan deterjen ringan dibandingkan deterjen wol tertentu jika kamu tidak dapat menemukannya. Jangan gunakan pemutih juga.

  1. Uji coba kelunturan

Usahakan untuk tidak membasahi topi sepenuhnya sebelum merendamnya. Pertama, rendam sebagian kecil topi kamu selama kurang lebih dua menit untuk memastikan warnanya tidak pudar. Bisa dipastikan topi kamu akan kehilangan warna jika dicuci jika terjadi perubahan warna setelah direndam. kamu dapat terus membersihkan topi kamu jika tidak ada tkamu-tkamu memudar.

  1. Rendam Topi

kamu kemudian dapat merendam topi kamu tanpa khawatir warnanya akan hilang setelahnya. Yang diperlukan hanyalah merendam topi selama setengah jam dalam deterjen cair untuk menghilangkan kotoran ringan dari topi. kamu bisa merendam noda lebih lama, terutama jika nodanya sangat berat.

  1. Sikat Topi

kamu dapat menggunakan sikat gigi atau sikat lembut lainnya untuk membersihkan penutup kepala yang terbuat dari bahan keras, seperti topi pengemudi truk dan topi baseball. Luangkan waktu kamu melakukan hal ini untuk menghindari kerusakan serat topi. Khusus untuk topi rajut, tidak perlu menyikat gigi.

Baca Juga: Sering Bertopi Bisa Bikin Botak? Berikut Penjelasannya

  1. Bilas Topi

Langkah selanjutnya adalah bilas topi kamu dengan air mengalir hingga benar-benar bersih setelah kamu selesai menyikatnya hingga bersih. Pastikan tidak ada noda yang tersisa.

  1. Keringkan Topi

Jika topi kamu sudah bebas noda dan sisa sabun, saatnya menjemurnya di udara terbuka. Penting untuk diingat bahwa mengeringkan topi berbeda dengan mengeringkan kaos. Untuk memastikan bentuk topi baseball kamu tetap sama, letakkan sesuatu di dalamnya. Hindari meletakkan topi di bawah sinar matahari langsung dan biarkan mengering di luar ruangan. Hal ini disebabkan topi cenderung memudar dan kusut.

Penulis: Gaizka Naufal Winalda

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm