PetroChina Jabung Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Banjir di Tanjabtim Provinsi Jambi

23 Januari 2024 17:20 WIB
PetroChina Jabung Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Banjir di Tanjabtim Provinsi Jambi
PetroChina Jabung Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Banjir di Tanjabtim Provinsi Jambi ( Dok PetroChina)

Jambi,Sonora.Id - Di tengah ancaman banjir di musim penghujan, diperlukan kerja sama antara berbagai pemangku kepentingan agar warga yang terdampak bisa segera mendapat bantuan. SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) aktif terlibat dalam penanganan bencana banjir yang terjadi di Provinsi Jambi.

Pada hari Senin, 22 Januari 2024, PCJL menyerahkan bantuan penanggulangan bencana banjir kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bantuan diserahkan secara langsung oleh Field Manager Jabung Rudy Hermawan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sapril. Act. Government & Relations Supt. PCJL Lasno dan Kepala BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Helmi turut hadir dalam acara ini.

Selanjutnya bantuan kemudian dikirim ke posko bencana di dua kecamatan terdampak banjir, yaitu Berbak dan Rantau Rasau, untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Bantuan senilai total Rp 60 juta ini dibiayai melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PCJL. Bantuan yang diserahkan ke kedua kecamatan meliputi 50 lembar selimut, 50 lembar tikar, 250 karung beras, 250 dus mi instan, dan 1.300 kaleng sarden.

Field Manager Jabung PCJL Rudy Hermawan menyampaikan bahwa penyerahan bantuan ini adalah wujud kesigapan PCJL dalam membantu warga terdampak banjir di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Kami menyadari bahwa musim penghujan membawa banyak risiko bagi masyarakat lokal, termasuk di antaranya banjir yang kerap terjadi. Sebagai operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas, PCJL siap siaga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak. Ini adalah bagian dari kegiatan penanganan bencana yang dijalankan oleh PetroChina Jabung, yang juga mencakup bencana lain seperti kebakaran hutan dan lahan,” jelas Rudy.

Sebelumnya, PCJL telah menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir senilai RP 60 juta kepada Dinas Sosial Provinsi Jambi pada tanggal 10 Januari 2024. Selain itu, PetroChina International Bangko Ltd. (PCBL) juga menyerahkan bantuan senilai Rp 20 juta, berupa 100 kilogram beras dan 100 dus mi instan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun pada tanggal 17 Januari 2024.

Bantuan di Kabupaten Sarolangun ini disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir di dua kecamatan, yaitu Limun dan Cermin Nan Gedang.

Rudy menjelaskan bahwa PetroChina akan terus menjalin komunikasi dengan dinas-dinas terkait di berbagai tingkatan pemerintahan agar dapat mengoptimalkan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Provinsi Jambi.

“Semoga bantuan dari PetroChina dapat memberikan manfaat dan meringankan beban bagi masyarakat terdampak banjir,” tambahnya.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’i menyambut baik tindakan yang direalisasikan PetroChina. Safe'i menyampaikan bahwa peran ini pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat di lapangan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm