Contoh Doa Pelantikan KPPS Pemilu 2024 dan Isi Sumpah Pelantikan

24 Januari 2024 12:00 WIB
Ilustrasi Contoh Doa Pelantikan KPPS Pemilu 2024
Ilustrasi Contoh Doa Pelantikan KPPS Pemilu 2024 ( Pexels)

Sonora.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 pada 25 Januari.

Setelah adanya pelantikan, tahapan selanjutnya adalah anggota KPPS Pemilu 2024 akan menjalani masa kerja selama satu bulan sampai 25 Februari 2024.

Nah, pembacaan doa pelantikan KPPS dan sumpah pelantikan KPPS merupakan bagian dari rangkaian acara pelantikan KPPS Pemilu 2024.

Seperti diketahui, pembacaan doa saat acara sebaiknya dibaca setiap akan mengawali atau mengakhiri acara.

Tujuannya agar acara bisa berjalan lancar dan penuh berkah.

Berikut contoh doa pelantikan KPPS Pemilu 2024 sekaligus isi naskah sumpah janji pelantikan KPPS Pemilu 2024.

Baca Juga: Contoh Susunan Acara Pelantikan KPPS Pemilu 2024, Beserta Jadwal dan Tugasnya

Contoh Doa Pelantikan KPPS Pemilu 2024

Yaa Allah Yaa Rohmaan Yaa Rohiim, Wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Dalam setiap kesempatan, kami senantiasa haturkan puji dan syukur kami ke hadirat-Mu, hanya pada-Mu kami menyembah dan hanya pada-Mu kami mohon pertolongan.
 
Curahkan rahmat dan kasih sayang-Mu pada kami yang hadir di tempat ini. Yaa Allah, Yaa Maalikal Mulki Berkat ridlo-Mu lah pada hari ini telah terlaksana ................................. Kami sadar bahwa jabatan adalah amanat dan titipan, yang pada saatnya akan Engkau ambil kembali.
 
Oleh karena itu berilah kekuatan pada para pejabat yang dilantik untuk dapat melaksanakan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga bermanfaat bagi kami semua keluarga besar .............................................................. Yaa Allah, Yaa Qowiyyu Yaa Matiin Berikan kepada kami kemampuan jiwa untuk mengemban tugas-tugas mulia, dan kekuatan iman untuk menghindari cobaan.
 
Limpahkan kepada kami hikmah kebijakan, untuk menutupi kekurangan dan membenahi kelemahan.
 
Curahkan kepada kami hidayah kebenaran, agar terhindar dari kesesatan. Yaa Allah, Yaa Haadii Engkaulah Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk, tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan berilah kami kemampuan untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah kepada kami yang salah itu salah dan berilah kami kekuatan untuk menjauhinya.
 
Yaa Allah, Yaa Qodiir, Dzat Yang Maha Kuasa Berilah kami keselamatan dan kesehatan, tambahkanlah kepada kami ilmu pengetahuan dan berkahilah rizqi yang Engkau berikan, berikanlah kami rahmat dan ampunan, serta akhirilah kehidupan kami dengan kebajikan.
 
Yaa Allah, Yaa Ghoffaar, Dzat Yang Maha Pengampun Ampunilah dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa para pemimpin dan pendahulu kami.
 
Jadikanlah semua kegiatan dan aktivitas kami menjadi amal sholeh dan ibadah kepada-Mu.
 
KATA-KATA PENGUKUHAN SUMPAH Setelah saudara mengangkat sumpah dan janji, selanjutnya saya selaku rohaniawan mengukuhkan sumpah saudara berdasarkan surat Al-Baqoroh ayat 224 yang artinya: "Dan janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertaqwa dan menciptakan kedamaian di antara manusia, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".
 
Perlu saya ingatkan sekali lagi, bahwa sumpah yang saudara ucapkan di samping disaksikan oleh hadirin dan undangan, yang perlu disadari, bahwa sumpah yang saudara ucapkan juga disaksikan oleh Allah SWT.
 
Semoga Saudara senantiasa memperoleh perlindungan Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan amanat yang dibebankan kepada saudara, amin.
 
Isi Sumpah Pelantikan KPPS Pemilu 2024
 
Salah satu rangkaian acara pelantikan KPPS adalah pengucapan sumpah. “Demi Allah (Tuhan), saya bersumpah/berjanji:
  • Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota KPPS dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat, demi suksesnya Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD, tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Pelantikan KPPS 2024 dan Jadwal Pelantikannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm