Ini Fungsi dan Cara Kerja Karburator pada Kendaraan Bermotor

24 Januari 2024 14:45 WIB
Cara kerja karburator
Cara kerja karburator ( Pricebook)

Sonora.ID – Karburator merupakan salah satu sistem pengkabutan bahan bakar pada sepeda motor selain injeksi. Bagaimana cara kerja karburator?

Karburator merupakan salah satu bagian terpenting dari sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya.

Namun, motor keluaran terbaru sebagian besar sudah mengadopsi sistem injeksi karena lebih optimal dalam menghasilkan tenaga.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin 4 Tak pada Sepeda Motor dan Mobil

Fungsi karburator

Fungsi karburator motor secara umum yakni mengatur kecepatan rotasi mesin dalam satuan rotary per minute (rpm) dan mencampur udara dan bahan bakar sesuai dengan perbandingan.

Melansir buku Cerdas Belajar Fisika oleh Kamajaya (2007), fungsi karburator motor adalah untuk menguapkan bensin menjadi bentuk gas sehingga mudah terbakar. Sebelum terbakar, bensin yang sudah berbentuk uap atau gas tersebut harus dicampur dengan udara bersih.

Cara kerja karburator

Mengutip buku Mencari & Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-Tak oleh Toto Suwarto (2008) cara kerja karburator yaitu mengubah cairan bensin menjadi kabut (gas) akibat kevakuman ketika piston bergerak turun pada langkah isap (intake stroke).

Ketika mesin dalam keadaan hidup dan skep gas ditarik, udara akan masuk melewati lubang buka skep. Pada saat yang bersamaan, spuyer bahan bakar akan membuka saluran bahan bakar.

Akibat isapan piston pada langkah isap, campuran bahan bakar dan udara akan berubah menjadi kabut (gas) yang masuk kedalam silinder.

Baca Juga: 8 Penyebab Karburator Banjir, Lengkap dengan Solusi Mengatasinya

Bagian dan Fungsi Karburator Motor

  • Mangkok karburator (float chamber), memiliki fungsi sebagai wadah bahan bakar sementara sebelum digunakan.
  • Klep/jarum pelampung (floater valve) berfungsi sebagai pengatur bahan bakar yang akan masuk ke dalam mangkuk karburator.
  • Pelampung (floater), berfungsi sebagai pengatur bahan bakar agar tetap berada pada mangkuk karburator.
  • Skep/katup gas (throtle valve), berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
  • Pemancar jarum (main nozzle/needle jet), berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
  • Jarum skep/jarum gas (Needle jet), berfungsi mengatur kapasitas semprotan bahan bakar dari main nozzle ketika motor di gas.
  • Pemancar besar (main jet), berfungsi sebagai menyalurkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
  • Pemancar kecil/stationer (slow jet), berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
  • Sekrup gas/baut gas (trhottle screw), berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.
  • Sekrup udara/baut udara (air screw), berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,
  • Katup cuk (choke valve), berfungsi untuk menutup udara luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu di gas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm