Kongres XVI GP Ansor: Wadah Pemuda Indonesia untuk Memperkuat Eksistensi sebagai Bangsa Maritim

30 Januari 2024 16:52 WIB
Kepala Bidang Penataan dan Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik, DR. Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa
Kepala Bidang Penataan dan Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik, DR. Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa ( Dok Pribadi)

Jakarta,Sonora.Id - Kepala Bidang Penataan dan Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik, DR. Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang hendak melangsungkan Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor, yang direncanakan di atas Kapal Pelni KM Kelud pada Jum’at (2/2/2024).

Menurut DR. Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, yang juga seorang pengamat maritim, bahwa pilihan untuk menyelenggarakan kongres di atas kapal laut merupakan simbol nyata dari komitmen GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara sebagai Negeri Bahari. “Bersamaan dengan ini tertegaskan pula, kapal laut bukan hanya tempat penyelenggaraan acara, melainkan lambang keberanian yang diwarisi dari leluhur bangsa Indonesia,” ujar Capt. Hakeng, di Jakarta, pada Selasa (30/01/2024).

Dengan begitu, tegas Capt. Hakeng, keputusan tersebut mencerminkan semangat pantang menyerah yang menjadi bagian integral dari budaya dan sejarah kebangsaan. “Dari itu kapal laut sebagai tempat kongres menjadi metafora kuat, mencerminkan perjalanan hidup yang penuh tantangan, ditengah terpaan ombak, dan amukan badai. Sebagaimana leluhur bangsa Indonesia melewati berbagai perjalanan dan ujian, kapal laut mencerminkan semangat untuk terus maju, bahkan di tengah badai kehidupan,” ujar Hakeng.

Ditambahkan olehnya bahwa dengan memilih kapal sebagai tempat kongres, bukan hanya merayakan keberanian dan ketangguhan. “Juga, mengajak seluruh kader dan peserta kongres untuk membangun semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” kata pengamat maritim dari IKAL Strategic Centre (ISC) ini.

DR. (HC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menjelaskan pula bahwa Kongres XVI GP Ansor di atas Kapal Pelni KM Kelud, menjadi perwujudan nyata dari semangat bakti organisasi terhadap warisan leluhur Nusantara. “Dengan tema yang kuat, peta jalan yang jelas, dan pilihan tempat yang simbolis, GP Ansor membimbing langkahnya menuju masa depan yang penuh makna, menjaga keberagaman, dan memperkokoh kebangsaan Indonesia,” ujarnya.


Dari itu, tambah Capt. Marcellus Hakeng, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lainnya pun dapat mengambil langkah untuk mengikuti inisiatif demikian. “Dengan begitu, semangat dan kesadaran terkait kebangsaan maritim kita dapat dipercepat secara sah dan konsisten. Melalui partisipasi OKP lainnya dalam mengadopsi inisiatif ini, kita dapat membentuk kolaborasi yang lebih erat antar-organisasi pemuda,” ujarnya.

Bersamaan pula kerjasama yang terbangun dapat menjadi fondasi kuat untuk memperkuat solidaritas di antara OKP-OKP. Hal ini menciptakan kesadaran bersama terkait identitas bangsa maritim. “Dengan demikian, akselerasi untuk memperkuat jati diri kita sebagai bangsa yang berbasis kelautan akan semakin terwujud.

Keberagaman aspirasi dan pandangan dari setiap OKP turut berkontribusi dalam mewujudkan visi bersama tentang kebangsaan maritim,” imbuh Capt. Marcellus Hakeng
Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Setelah itu, Kapal Pelni KM Kelud akan berlayar sejauh 210 naval miles menuju Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Pemilihan kapal laut sebagai tempat kongres adalah bentuk pengabdian GP Ansor dalam memperkuat warisan leluhur Nusantara sebagai Negeri Bahari.

Dengan 1.700 kader terbaik berkumpul, acara ini bertujuan menjelajahi horison masa depan dengan tema inspiratif, "GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan". Tema kongres ini bukan hanya sekadar slogan, melainkan mencerminkan komitmen mendalam GP Ansor dalam membangun fondasi yang kokoh, melibatkan dimensi spiritual, sosial, dan kebangsaan.

Selain itu, DR. (HC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa juga mengungkapkan apresiasinya terhadap dedikasi dan kerja keras semua peserta kongres dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Capt. Marcellus Hakeng yakin bahwa melalui kolaborasi dan komitmen bersama, dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam berbagai sektor yang menjadi fokus kongres ini.

“Selamat berkongres. Semangat untuk terus berkontribusi pada pembangunan negara. Semoga kongres ini senantiasa dapat membuahkan hasil-hasil positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. Dan menjadi wahana untuk merajut kerja sama yang lebih erat demi kebaikan bersama,” imbuh Capt. Marcellus Hakeng.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm