Menteri ATR/Kepala BPN akan Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah, Tanah Wakaf, dan Tanah Aset Pemerintah di Jawa Timur

31 Januari 2024 17:44 WIB
Sumber berita  #KementerianATRBPN        Foto:  Liliek Setyo
Sumber berita #KementerianATRBPN Foto: Liliek Setyo ( )

Sonora.ID - Menteri Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Timur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Lampri menyampaikan beberapa wilayah yang akan dikunjungi Menteri ATR/BPN antara lain Kota Surabaya, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Kediri pada 31 Januari s.d. 1 Februari 2024.

“Bapak Menteri Hadi Tjahjanto akan menyerahkan sertipikat tanah wakaf, aset, dan redistribusi tanah dalam rangkaian kunjungan kerjanya esok hari di Provinsi Jawa Timur,” ujar Lampri dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (30/01/2024).

Mengawali kegiatannya di Surabaya, Menteri ATR/Kepala BPN diagendakan ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur untuk memberikan piagam penghargaan serta penyematan pin emas kepada 8 (delapan) orang dari satuan kerja di Kantor Pertanahan, Polda, dan Kejati Jawa Timur dan Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo untuk menyerahkan sertipikat tanah wakaf.

Baca Juga: ATR/BPN Sulsel Dorong Masyarakat Segera Daftarkan Tanahnya

“Penghargaan diberikan untuk Kategori Penyelesaian Target Operasi Utama dan Target Operasi Tambahan dan Kategori Berani Lapor,” ungkap Lampri. 

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN bertolak ke Kabupaten Madiun.

Dalam kesempatan ini, Hadi Tjahjanto akan melakukan penyerahan sertipikat hasil program Redistribusi Tanah dari pelepasan kawasan hutan (SK Biru) di Desa Wonorejo, Kecamatan Caruban.

Selain itu, Menteri ATR/Kepala BPN akan menyerahkan sertipikat aset pemerintah kabupaten, aset BMN, sertipikat tanah wakaf, dan rumah ibadah di Pendopo Kabupaten Madiun.

Baca Juga: Pemkab PPU Dapat Bantuan Teknis RDTR 

“Di Pendopo juga akan dilakukan penandatanganan 7 (tujuh) prasasti gedung baru dan gedung arsip di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur oleh Bapak Menteri,” jelas Lampri.

Keesokan harinya, Menteri ATR/Kepala BPN akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Pendopo Kabupaten Kediri untuk menyerahkan sejumlah sertipikat tanah wakaf dan sertipikat aset Pemerintah Kabupaten Kediri, Pemprov, dan BMN.

Menutup rangkaian kegiatan di Provinsi Jawa Timur, Menteri ATR/Kepala BPN akan menyerahkan sertipikat hasil program Redistribusi Tanah di Desa Puncu, Kecamatan Puncu di Kabupaten Kediri.

“Penyerahan sertipikat dilakukan secara door to door kepada masyarakat. Lokasi ini merupakan lahan eks Hak Guna Usaha atau HGU PT Mangli Dian Persada,” pungkas Lampri. 

Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Timur, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh Dirjen Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, Iljas Tedjo Prijono; Dirjen Penataan Agraria, Dalu Agung Darmawan; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar beserta jajaran Kantor Pertanahan setempat.

Turut hadir sejumlah kepala daerah beserta jajaran Forkopimda setempat.

Baca Juga: ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Kalimantan Barat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm