Pelindo Gelar Forum Safety Driving bagi Pengemudi Truck dan Operator Alat Bongkar Muat Pelabuhan

3 Februari 2024 13:25 WIB
( Pelindo Reg II Pontianak)

Pontianak, Sonora.ID - Pelindo Regional 2 Pontianak bekerjasama dengan PT Auto Mobile Borneo Perdana Hino Pontianak menggelar kegiatan Safety Forum Driving yang diikuti oleh 50 orang supir truk dan operator alat angkat/angkut pelabuhan dari anak perusahaan di lingkungan Pelindo Grup Regional 2 Pontianak.

Acara ini digelar bertempat di aula kantor Pelindo Regional 2 Pontianak pada hari Kamis (1/2/2024).

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi dalam kata sambutannya ketika membuka acara menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen manajemen Pelindo Regional 2 Pontianak dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan kerja perusahaan, dan juga sebagai salah satu nilai ukur indikator kinerja utama tentang K3 yang ditetapkan oleh Direksi Pelindo pada KPI (Key Performance Indikator) Pelabuhan Pontianak.

Baca Juga: Ganjar : Kalbar Menunjukkan Dirinya Sebagai Bumi Pancasila

“Perlu diketahui bahwa sesuai Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja sangat penting diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kerja karyawan yang menjadi tanggung jawab para pemberi kerja," ujar Hambar.

Sasaran yang diharapkan pada acara Forum Safety Driving ini adalah para operator kendaraan bongkar muat maupun penyelenggara perawatan kendaraan di pelabuhan dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui program-program pelatihan seperti ini agar lebih terampil dalam mengerjakan pekerjannya, seperti mengemudi dengan safety.

“Perilaku pengemudi ketika berkendara wajib menjaga keamanan dan keselamatan ketika berkendara, baik itu menjaga keselamatan pribadi maupun pengendara lainnya, sehingga dapat meminimalisir hal-hal buruk yang tidak diinginkan selama di operasional di Pelabuhan," tambah Hambar.

Selain itu diharapkan juga dapat mengenal jenis perawatan standar pada teknologi kendaraan emisi Euro 4 supaya menghasilkan kendaraan yang siap beroperasi dan standar emisi yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan tidak mencemari udara di lingkungan kerja pelabuhan.

Rangkaian acara ini turut dihadiri oleh jajaran Manager Pelindo Regional 2 Pontianak dan Anak Perusahaan Pelindo serta perwakilan PT Auto Mobile Borneo Perdana Hino Pontianak yang bertindak sebagai salah satu narasumber.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm