10 Teks Pildacil Isra Miraj 2024: Singkat, Pendek, dan Menyentuh

6 Februari 2024 19:54 WIB
Kumpulan contoh teks Pildacil tentang Isra Mikraj 2024 singkat yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi.
Kumpulan contoh teks Pildacil tentang Isra Mikraj 2024 singkat yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi. ( )

Sonora.ID - Tepat pada tanggal 8 Februari 2024 nanti umat Muslim akan merayakan peringatan yang mulia, yakni Isra Miraj atau Isra Mikraj.

Peristiwa Isra Mikraj ini memberikan hikmah yang sangat besar, yaitu menunjukkan betapa pentingnya shalat bagi seorang Muslim. 

Allah SWT bahkan memberikan perintah tersebut secara langsung kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu dinaikkan ke langit ketujuh dalam waktu semalam.

Awalnya, Allah SWT memerintahkan umat Muslim untuk melaksanakan shalat sebanyak 50 waktu. Namun, Nabi Musa menyuruh Rasulullah untuk meminta keringanan dari Allah.

Jumlahnya kemudian berangsur-angsur berkurang dari 50 menjadi 40, kemudian 30, dan seterusnya hingga menjadi lima waktu dalam sehari saja.

Adanya peringatan Isra Mikraj ini pun diharapkan dapat meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT sebagai pemilik alam semesta.

Dalam rangka memperingati peringatan mulia ini berikut kami sajikan kumpulan contoh teks pildacil Isra Miraj 2024 yang singkat, pendek, dan menyentuh hati, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Spanduk dan Banner Isra Mikraj 2024: Islami, Menarik, dan Indah

Teks Pildacil Isra Miraj 2024: Singkat, Pendek, dan Menyentuh

Teks Pildacil Isra Miraj 2024 1

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji dan juga syukur kita panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan pada kita semua.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW dimana beliaulah yang telah menunjukan kepada umat manusia dari jalan yang dimurkai Allah ke jalan yang di Ridhoi-Nya.

Hadirin sekalian yang saya hormati, saat ini kita sudah memasuki bulan Rajab, dimana ada suatu peristiwa luar biasa yang dikenal dengan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Bulan Rajab ini juga merupakan salah satu bulan suci dan juga salah satu bulan yang diutamakan.

Maka yang lebih penting untuk kita ketahui pada hari ini ialah perkara-perkara yang ada hubungannya dengan keagungan bulan Rajab.

Ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan pada bulan Rajab ini, salah satunya adalah barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana dia puasa selama sebulan.

Bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan.

Sebelum saya akhiri, saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dan saya ucapkan terimakasih.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Teks Pildacil Isra Miraj 2024 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah.

Segala puji bagi Allah, tuhan semesta Alam yang telah memberi kita nikmat yang berlimpah hingga detik ini.

Sholawat serta salam, mari kita curahkan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Hadirin yang saya hormati, Hari ini kita bertemu di bulan yang suci, yakni bulan Rajab. Nama Rajab ini diambil dari kata “Rojaba” yang artinya adalah “mengagungkan dan memuliakan”.

Hadirin, bagaimana dan kenapa bulan Rajab ini dimuliakan? Jawabannya adalah pemuliaan bulan Rajab ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Arab, bahkan sejak zaman jahiliyah.

Bayangkan, sejak zaman jahiliyah saja orang-orang Arab waktu ini memuliakan bulan Rajab ini, masa di zaman kita ini tidak memuliakannya.

Dulu, orang-orang Jahiliyah memuliakan bulan Rajab ini dengan cara tidak memperbolehkan ada peperangan selama bulan tersebut.

Umpamanya, ada si “A” yang dulu pernah membunuh bapaknya si “B” kemudian si “A” itu bertemu dengan si “B”, maka keluarga si “B” tidak akan membalas dendamnya pada si pembunuh itu.

Terdapat firman Allah swt yang menyebut keutamaan bulan Rajab ini, yakni dalam Quran Surat At Taubah ayat 36. Begini bunyinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. at-Taubah/9: 36).

Sementara itu, Nabi Muhammad saw bersabda: “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana keadaannya tatkala Allah menciptakan langit dan bumi, setahun ada dua belas bulan di antaranya terdapat empat bulan haram, tiga bulan berurutan yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab Mudhar yang terletak antara Jumada (akhir) dan Syaban.”

Kata haram dalam hadits tersebut artinya bulan yang disucikan.”

Maka, marilah kita memuliakan bulan Rajab ini dengan banyak berdoa dan memohon ampunan kepada Allah swt.

Hadirin yang saya hormati, Demikian sepatah dua patah kata yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga kita bisa mendapat berkah di bulan Rajab ini dan diberi kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadhan nanti.

Teks Pildacil Isra Miraj 2024 3

Bismillahirrahmanirrahim

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm