Kenali Jenis Teh dari Kota Solo, Ada Teh Mondo dan Teh Krampul

17 Februari 2024 14:00 WIB
Kenali teh mondo, minuman dari Kota Solo
Kenali teh mondo, minuman dari Kota Solo ( kompas.com)

Solo, Sonora.ID – Biasanya di kebanyakan tempat, varian minuman teh hanya ada dua jenis, yakni teh manis dan teh tawar, keduanya bisa dijadikan minuman hangat ataupun dingin. Banyak orang yang belum mengetahui khasiat teh.

Adapun khasiat teh antara lain adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, mengurangi kolesterol dalam darah, mencegah kanker, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah penyakit jantung, melancarkan sirkulasi darah, serta bisa juga sebagai antioksidan

Minuman teh di Kota Solo dan sekitarnya, ternyata punya beberapa varian yang mungkin sulit dijumpai di daerah lain. Sementara di Kota Solo dan sekitarnya, ada varian lain yang mungkin membuat orang dari luar daerah bingung, yakni teh krampul dan teh mondo.

Adapun teh krampul adalah minuman teh yang diberi perasan jeruk nipis atau jeruk peras, lalu diberi potongan jeruk di minuman teh. Di tempat lain ada juga yang menyebutnya lemon tea meskipun bukan lemon yang diperaskan ke dalam teh.

Rasa dari teh krampul biasanya adalah perpaduan antara manis teh dan asam dari jeruk, sehingga menyegarkan saat diminum. Teh krampul bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Baca Juga: Truk Muatan Material Pembangunan Tol Solo-Jogja Terperosok di Sragen

Sedangkan teh mondo merupakan varian teh lain di Kota Solo dan sekitarnya, selain teh krampul adalah teh mondo yang mungkin asing bagi sebagian besar orang, terutama dari luar Soloraya.

Dilansir dari laman Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, teh mondo adalah teh yang disajikan tidak terlalu manis.

Sehingga saat ada pembeli yang memesan teh mondo, penjual tetap akan memberikan gula, tetapi tidak sebanyak teh manis. Karena takaran gulanya dikurangi, teh mondo rasanya tidak terlalu manis. Rasa tawar teh cukup terasa. Hal – hal seperti ini seharusnya sudah diketahui oleh para penjual minuman atau teh di sekitar Solo, agar tidak kebingungan pada saat pembeli memesan jenis yang satu ini.

Teh mondo ini bermanfaat bagi mereka yang sedang mengurangi konsumsi gula, karena rasanya tidak terlalu manis. Biasanya orang yang mengidap penyakit diabetes seringkali memesan teh tawar atau teh mondo.

Baca Juga: Ditinggal Salat Ashar, Motor Beat Raib Dicuri di Masjid Solo

Penulis : Ika Andriani

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm