Rekor MURI Terpecahkan, 570 Orang Pangkong Sotong di Halaman Mega Mall Ayani Pontianak

24 Februari 2024 18:34 WIB
Kalbar Pecahkan Rekor MURI, Pangkong Sotong dengan peserta 570 orang.
Kalbar Pecahkan Rekor MURI, Pangkong Sotong dengan peserta 570 orang. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID – Rekor MURI berhasil dipecahkan oleh Provinsi Kalimantan Barat yaitu berhasil memangkong Sotong dengan melibatkan 570 orang peserta, bertempat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Jum'at (23/2/2024).

Penganan Sotong Pangkong memang sudah tidak asing lagi bagi penikmatnya khususnya di Kalimantan Barat, dimana penganan ini identik dan dapat dijumpai saat bulan Ramadhan di Pontianak seperti lokasi di Jalan Merdeka.

Penikmat Sotong Pangkong sudah dari berbagai kalangan usia dari anak – anak hingga dewasa.

Cara memasaknya pun khas, mulai dari mengolah cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang. Kemudian setelah dibakar lalu cumi ini akan dipukul-pukul menggunakan palu. Lalu dibakar lagi, dan dipukul lagi sampai teksturnya lembut.

Terakhir cumi yang sudah siap dihidangkan dipadukan dengan saus cabe, cuka ataupun kacang dengan aroma ebi yang khas.

Pj Gubernur Kalbar dr. Harisson, M.Kes. mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar ini.

Dimana Sotong Pangkong merupakan makanan khas yang selalu dinanti oleh masyarakat.

Ia pun menilai, ini merupakan langkah positif selain dalam memperkenalkan  juga melestarikan dan menjadi media promosi bagi UMKM yang ada di Kalbar untuk terus berkembang.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Ini buktinya keberpihakan pemerintah dalam membina UMKM. Kami juga berharap, ada pertemuan antara BUMD, Pengusaha - pengusaha yang berminat untuk bekerja sama dan membina produk mereka. Dari usaha kecil menjadi menengah dari menengah menjadi besar. Karena di Kalbar ini, PDRBnya 61 persen berasal dari UMKM”, jelasnya.

Ia juga menyebutkan, bahwasanya saat ini wisata kuliner menjadi primadona dalam mendorong pertumbuhan dan daya tarik pariwisata di Indonesia.

“Saat ini, dalam dunia pariwisata bukan hanya destinasi yang menjadi daya tarik, tapi pada tahun ini kuliner yang menjadi daya tarik utama para wisatawan. Sotorng pangkong ini sebagai salah satu primadonanya”, ujarnya

Hadir pula  PJ Sekda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, S.Sos., M.Si. Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si. san tak lupa Cheff Marinka yang menjadinjuri pada lomba masak Food Festival kali ini.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Pj Gubernur Kalbar Berharap Kalbar Bisa Jadi Seperti California

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm