35 Ayat Alkitab yang Menguatkan, Hati Jadi Damai dan Optimis

26 Februari 2024 08:05 WIB
Ilustrasi Alkitab
Ilustrasi Alkitab ( Pixabay)

Sonora.ID - Simak 35 ayat Alkitab yang menguatkan dan dapat menjadi motivasi.

Semua manusia akan mengalami hidup penuh tantangan dan cobaan. Selama hidup, kita sebagai manusia akan menghadapi berbagai hal, baik suka maupun duka.

Akan tetapi, Tuhan Yesus mengajarkan umat-Nya untuk tetap percaya kepada-Nya dan tidak menyerah dengan keadaan. Dalam firman-Nya, Tuhan meyakinkan manusia bahwa cobaan yang datang dalam kehidupan tidak melebihi kemampuan umat-Nya.

Sebagai umat yang percaya, kita dapat terus mengandalkan Tuhan dengan berusaha dan berdoa.

Selain berdoa, kamu bisa membaca beberapa ayat Alkitab yang menguatkan.

Berikut ini 35 ayat Alkitab yang menguatkan dan dapat menjadi motivasi.

Baca Juga: Doa Puasa Kristen untuk Pergumulan dan Kesembuhan

  1. Yesaya 41:10
  2. “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kananKu yang membawa kemenangan.”
  3. Yesaya 40:29
    “Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tidak berdaya.”
  4. Yesaya 55:11
    “Demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu : ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruh kepadanya.”
  5. Yohanes 14:15
    “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.”
  6. Yosua 23:14
    “Maka sekarang, sebentar lagi aku akan menempuh jalan segala yang fana. Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa satupun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satupun yang tidak dipenuhi.”
  7. 2 Timotius 3:16-17
    “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”
  8. 1 Petrus 5:7
    “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu.”
  9. 2 Petrus 1:10
    “Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.”
  10. Amsal 21:5
    “Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.”
  11. Amsal 14:23
    “Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.”
  12. Yesaya 40:31
    “Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”
  13. Amsal 10:4
    “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.”
  14. Yohanes 16:33
    “Semuanya itu kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”
  15. Yeremia 29:11
    “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”
  16. 2 Tesalonika 3:10
    “Sebab, juga waktu kami berada diantara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu : jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan."
  17. Filipi 4:19
    “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”
  18. Filipi 1:6
    “Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik diantara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”
  19. Filipi 4:13
    “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”
  20. Roma 12:11
    “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”
  21. Yosua 1:9
    “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu : kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”
  22. Ulangan 31:86
    “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”
  23. Mazmur 18:33
    “Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata.”
  24. Yohanes 14:1
    “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu.”
  25. Amsal 17:22
    “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”
  26. Amsal 19:21
    “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.”
  27. Mazmur 27:1
    “Dari Daud. Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
  28. 1 Korintus 10:13
    “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”
  29. FIlipi 4:6 -7
    “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”
  30. Keluaran 19:5
    “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa, sebab AKulah yang empunya seluruh bumi.”
  31. Galatia 1:10
    “Jadi bagaimana sekarang : adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.”
  32. Zefanya 3:17
    “TUHAN Allahmu ada diantaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasihNya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai.”
  33. Yohanes 14:18
    “Aku tidak akan meninggalkanmu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.”
  34. Matius 10:30-31
    “Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit.”
  35. Ayub 11:7
    “Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang daripada siang hari, kegelapan akan menjadi terang setiap pagi hari.”
  36. Ratapan 3:22-23
    “Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmatNya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaanMu!”

Demikian 35 ayat Alkitab yang menguatkan dan dapat menjadi motivasi.

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm