Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 130: Telaah Teks Diskusi

26 Februari 2024 13:35 WIB
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 130: Pertanyaan Telaah Teks Diskusi
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 130: Pertanyaan Telaah Teks Diskusi ( Buku Bahasa Indonesia Kelas IX K13 oleh Agus Trianto, Titik Harsiati, dan E. Kosasih)

Sonora.ID - Kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 130 dalam Kurikulum 2013 (K13) atau kerap disebut juga Kurtilas.

Adapun soal yang dibahas dalam halaman tersebut adalah Pertanyaan Telaah tentang teks diskusi yang terdapat di halaman sebelumnya.

Soalnya terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang ditulis Agus Trianto, Titik Harsiati, dan E. Kosasih.

Sebelum menengok kunci jawaban, siswa diharapkan mengisi soal secara mandiri. Kunci jawaban ini diperuntukkan bagi orang tua, wali, atau guru untuk membimbing siswa belajar.

Baca Juga: 35 Contoh Soal PTS PAI Kelas 9 Semester 2 dengan Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 130 Kegiatan 6: Pertanyaan Telaah

1. Dapatkah kamu memilih judul lain yang lebih menarik dan lebih meyakinkan menurutmu?

"Mengapa Kita Wajib Membayar Pajak?"

2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?

Maksud dari pengantar dalam teks diskusi itu adalah untuk menyempitkan fokus topik dengan menguraikan sudut pandang yang berbeda melalui pernyataan awal.

3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!

Belum, karena masih ada beberapa kata yang harus dihapus. Kata "sangat" di kalimat pertama sebaiknya dihapus karena termasuk pemborosan kata. Diganti menjadi, "Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih rendah."

Kemudian, kata "selama" harus dihapus karena juga termasuk pemborosan kata. Setelah kata "selama" ada lima tahun terakhir yang menunjukkan bahwa 5 tahun terakhir sudah mewakili kata "selama". Maka diubah menjadi, "Sementara penerimaan negara dalam lima tahun terakhir 75–85% berasal dari penerimaan pajak."

4. Bagaimana teks diskusi ini disusun?

Menyusun suatu teks diskusi melibatkan beberapa langkah penting. Pertama, identifikasi isu yang akan dibahas. Pilihlah sebuah masalah atau hal yang menarik untuk diperdebatkan.

Selanjutnya, tulislah pendapat yang mendukung dan menentang isu tersebut. Pastikan teks yang disusun mengandung argumen yang setuju dan tidak setuju terhadap masalah yang sedang didiskusikan.

Terakhir, buatlah sebuah simpulan atau saran. Di bagian akhir tulisan, tuliskanlah kesimpulan berdasarkan pendapat-pendapat yang telah dikumpulkan, atau tambahkan opini pribadi sebagai bagian dari penutup.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 123 Kurikulum Merdeka Paling Lengkap

5. Bagaimana teks beralih dari sudut pandang pro ke sudut pandang yang kontra?

Sebuah teks beralih dari sudut pandang dari yang pro menjadi kontra dengan cara menghadapi perbedaan antara kedua sudut pandang tersebut.

Artinya, manfaat atau keunggulan yang diakui dalam sudut pandang pro dianggap tidak berlaku ketika dilihat dari sudut pandang kontra.

Hal ini dapat diperkuat dengan memberikan contoh-contoh yang mendukung argumen dari sudut pandang kontra.

6. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?

Simpulan harus sesuai dengan konten teks yang ingin disimpulkan dengan mencakup semua isi cerita yang disingkat dalam kalimat yang ringkas dan tegas.

Pada dasarnya, simpulan merupakan gambaran singkat, inti, dan tujuan cerita yang terdapat dalam teks.

7. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?

Gagasan utama/pokok pikiran sebab dengan adanya gagasan utama/pokok pikiran kita dapat mengembangkan suatu cerita.

Baca Juga: 35 Contoh Soal PTS PAI Kelas 9 Semester 2 dengan Kunci Jawaban

8. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah kemandirian, penikmat pajak. Coba, temukan yang lainnya!

Terdapat tiga kata persuasif dalam teks yakni "diskusi", "meyakinkan", dan "setuju".

9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah sementara, sayangnya. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?

Terdapat beberapa kata hubung dalam teks yakni "sebelum", "sehabis", "tatkala", dan "selagi".

10. Pungtuasi (tanda baca) dan ejaan sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apakah cara penulisan ejaan dan pungtuasi yang digunakan dalam teks ini sudah tepat?

Penulisan ejaan dan tanda baca dalam teks tersebut sudah benar. Ini dapat diverifikasi dengan mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Apabila merujuk pada kamus, berikut adalah makna dari kedua istilah tersebut:

Pungtuasi: Tanda grafis yang digunakan secara konvensional untuk memisahkan pelbagai bagian dari satuan bahasa tertulis; tanda baca
Ejaan: Kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

11. Apakah teks diskusi ini efektif menggugah pembaca? Jelaskan mengapa!

Ya, karena topiknya sedang menjadi perbincangan hangat dan banyak diperbincangkan, kita perlu menambahkan pengantar yang mengarahkan pembaca untuk memahami masalah tersebut. Dengan cara ini, pembaca akan termotivasi untuk mencari solusi atas isu yang dibahas.

Baca Juga: 25 Contoh Soal ABM Kelas 9 2024 Beserta Kunci Jawaban

12. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah penerimaan negara, wajib pajak, patuh pajak, penikmat pajak, rasio pajak (tax ratio), sumber daya alam, fasilitas umum, patriot bangsa.

  • Penerimaan negara: Sejumlah uang atau barang yang diterima oleh pemerintah suatu negara baik yang berasal dari pajak maupun bukan pajak, seperti retribusi, imbal hasil, dan lain sebagainya.
  • Wajib pajak: orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan dengan demikian dikenai kewajiban untuk membayar pajak.
  • Patuh pajak: orang dan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan rutin membayar pajak seperti yang telah ditetapkan pemerintah negara tersebut sesuai jadwal.
  • Penikmat pajak: masyarakat sebuah negara, baik wajib pajak maupun bukan wajib pajak, yang menikmati pembangunan yang dibiayai oleh pajak.
  • Rasio pajak (tax ratio): perbandingan antara jumlah wajib pajak dengan angkatan kerja di suatu negara.
  • Sumber daya alam: seluruh benda yang berasal dari bumi, air, dan udara sebuah negara yang memiliki nilai ekonomis dan dengan demikian dapat diperjualbelikan.
  • Fasilitas umum: fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah maupun pusat di sebuah negara dan ditujukan untuk masyarakat atau layanan umum.
  • Patriot bangsa: orang, kelompok, atau badan usaha yang dianggap berjasa bagi sebuah negara dalam kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebuah pemerintah negara.

Itulah tadi kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 130 dalam Kurikulum 2013 (K13) tentang Pertanyaan Telaah teks diskusi. Semoga bermanfaat!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm