Pj Gubernur Sulsel Tegaskan Stadion Aman Dibangun di Sudiang

27 Februari 2024 12:20 WIB
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin memastikan lokasi pembangunan stadion di Kawasan Olahraga Sudiang tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan. Meski letaknya berdekatan dengan landasan pesawat Bandara Sultan Hasanuddin.

Kepastian itu dilontarkan Bahtiar lantaran dirinya telah meninjau langsung lokasi tersebut via darat maupun udara. Dari hasil pantauannya, ia mendapati bahwa lokasi pembangunan stadion cukup jauh dengan jalur pesawat.

"Saya beberapa kali olahraga di Sudiang, sekaligus saya tinjau stadion sampai ke pagar yang paling belakang. Saya sudah lihat berkali-kali jalur pesawat. Sudah berdiri di tengah sawah di belakang itu yang dilewati pesawat. Jauh sekali dari jalur pesawat," ujar Bahtiar kepada wartawan usai menghadiri Rakorsus 2024 Pemkot Makassar di Four Point by Sheraton, Senin kemarin.

Bahtiar mengakui informasi seputar pembangunan stadion kerap simpang siur. Termasuk mengenai lokasinya yang dinilai kontroversial. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa Sudiang aman untuk pembangunan stadion. "Jadi saya pastikan lokasi itu tidak seperti yang dimaksud. Saya bisa challenge informasi itu. Sudiang itu Insyaallah aman untuk pembangunan stadion," sebutnya.

Ia pun meminta masyarakat bersabar karena saat ini pihaknya tengah mempercepat proses administrasi persiapan pembagunan Stadion sesuai perintah Presiden Joko Widodo. Sementara, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel untuk mendukung pembangunan stadion Sudiang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Bangun Stadion di Makassar Tahun Ini

Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur jalan untuk memudahkan akses lalu lintas menuju lokasi. Itu dilakukan sebagai antipasi membludaknya suporter yang dipastikan tidak hanya datang dari Makassar, tapi juga daerah lain seperti Gowa, Bone dan Maros dan daerah lainnya.

"Nah ini sekalian, buat infrastruktur. Karena ini kapasitasnya saya yakin Pak Presiden kasih yang terbaik untuk Sulsel. Jadi bukan sekadar 15 ribu. Tapi saya kira ini setara dengan stadion-stadion utama. Kalau stadion utama itu di atas 50 ribu," kata Danny.

Lebih jauh Danny mengungkapkan, untuk membangun jalur transportasi menuju stadion, pihaknya akan menyiapkan anggaran sekitar 200 miliar di APBD Perubahan. Secara khusus, dirinya bersama Pj Gubernur Sulsel, Bupati Maros dan Bupati Gowa menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan terkait rencana tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm