F1 Power Boat Magnet Wisatawan Kunjungi Danau Toba

1 Maret 2024 23:45 WIB
Ilustrasi F1 Power Boat di Danau Toba, Sumatera Utara
Ilustrasi F1 Power Boat di Danau Toba, Sumatera Utara ( Istimewa)

 

Balige, Sonora.Id – Kunjungan wisata ke Danau Toba, khususnya di Kawasan Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara melonjak hingga 100 persen setelah adanya event F1 Power Boat pada 2023 lalu, dari sebelumnya satu juta wisatawan pada 2022 menjadi dua juta wisatawan.

“Bersyukur di tahun kemarin kunjungan wisata ke Toba sebelum ada event ini (F1 Power Boat Danau Toba), 2019 hanya sekitar 800 ribu wisatawan. Di 2022 setahun sebelum event ini satu juta, setelah COVID-19. Tapi di 2023 kunjungan wisatawan ke Toba naik 100 persen (menjadi) dua juta wisatawan,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus saat Media Briefing F1 Power Boat Danau Toba 2024 di Kantor Bupati Toba, pada Jumat (1/3/2024).

Kenaikan kunjungan wisatawan tersebut tentu akan memberi efek ganda sangat besar khususnya bagi ekonomi di kawasan sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Poltak merinci, tambahan uang yang beredar dari sektor pariwisata di Kabupaten Toba pada 2023 lalu bisa mencapai Rp1 triliun apabila setiap wisatawan berbelanja setidaknya Rp500 ribu.

“Katakanlah satu wisatawan itu bawa duit di sini Rp500.000, maka dua juta dikalikan Rp500.000 sudah dibawa wisatawan ke sini Rp1 triliun, itu efek terhadap ekonomi yang kita rasakan,” ungkapnya.

Oleh karena itu pihaknya akan terus berupaya agar ajang Formula 1 Power Boat yang akan digelar pada 2 sampai 3 Maret 2024 ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Caranya dengan persiapan yang matang dalam waktu yang lebih lama, mulai dari lahan parkir kendaraan, hingga melakukan kurasi lebih ketat terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di sekitar venue acara agar bisa memenuhi standar internasional.

“Terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga yang sangat serius membantu juga Pemerintah Provinsi Sumatra Utara juga semua Kementerian dan seluruh pihak sangat membantu kita,” kata Poltak.

Senada dengan Poltak, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rustam Efendi juga mengungkapkan jika gelaran F1Power Boat 2023 telah memberikan dampak perekonomian sebesar Rp391 miliar hanya dalam waktu sekitar seminggu pelaksanaan.

Oleh karenanya dia berharap di antara event internasional F1Power Boat Danau Toba dan Aquabike World Championship yang akan berlangsung hingga empat tahun mendatang, pemerintah daerah bisa menginisiasi penyelenggaraan-penyelenggaraan turunannya, meskipun belum berskala nasional atau internasional.

“Kami membayangkan jika setiap bulan ada di antara F1Power Boat dan Aquabike, maka angka statistik yang disampaikan pak bupati maupun yang kami miliki ini akan lebih baik lagi dan dampaknya bagi masyarakat setempat pasti akan lebih luar biasa,” tutur Rustam.

Baca Juga: Produk UMKM Kembali Ramaikan Gelaran F1 Power Boat Danau Toba 2024 

Sementara PGS SVP Corporate Secretary InJourney, Yudistira Setiawan, mengatakan bahwa gelaran F1 Power Boat telah terbukti mendorong peningkatan sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

“Ini sekaligus membuktikan bahwa pariwisata adalah salah satu kontributor pada perekonomian daerah, dengan mengikutsertakan seluruh elemen yang ada, komunitas dan masyarakat setempat melalui penyelenggaraan acara side event sendiri,” jelas Yudistira.

Meski begitu dampak ekonomi tersebut harus diiringi dengan meningkatnya pelayanan dan fasilitas semakin memadai dari tahun ke tahun. Injorney pun dipastikan akan terus melibatkan masyarakat sebagai pelaku utama dalam penyelenggara acara ini.

Pada 2 event F1 Power Boat Danau Toba yang telah digelar di Toba yaitu 2023 dan 2024, Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini selalu mengusung tema pesta rakyat yang meliputi adanya kepesertaan UMKM setempat untuk acara side event, pengisi acaranya yang menampilkan kultur budaya dan artis lokal.

“Jadi booth-booth sudah disediakan didalam venue pelaksanaan F1 Power Boat ini, sudah terisi dan menujukkan bahwa antusiasme dari pelaku UMKM dan Kabupaten sekitar Danau Toba mengikuti dan menyukseskan F1Power Boat ini,” imbuh PGS SVP Corporate Secretary InJourney.

Pada kesempatan tersebut Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Direktur IKPM Kominfo) Septriana Tangkary turut mengajak media peliput acara F1Power Boat Danau Toba 2024 untuk turut berperan memajukan pariwisata di kawasan danau vulkanik terbesar dunia ini melalui dukungan berita atau tulisan yang positif.

“Potensi soal Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa ditulis (jurnalis) dari sisi-sisi yang lain, khususnya bagaimana UMKM (lokal) mulai bergerak, bagaimana baju-baju tenuh khas Toba, jadi bukan hanya F1Power Boat saja,” ungkap Septriana.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm