Untar Jadi Wakil Universitas Swasta Indonesia di Ajang EURIE 2024

2 Maret 2024 21:10 WIB
Untar jadi Wakil Universitas Swasta Indonesia di Ajang EURIE 2024
Untar jadi Wakil Universitas Swasta Indonesia di Ajang EURIE 2024 ( Dok. Istimewa)

Sonora.ID - Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai satu dari sembilan perguruan tinggi Indonesia untuk berpartisipasi dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki, 26-29 Februari 2024.

Untar ditunjuk Kemendikbudristek menjadi satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang hadir dalam acara tersebut.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan yang hadir di Istanbul Turki mengungkapkan kegiatan ini merupakan kali pertama Untar mengikuti kegiatan EURIE ini. Partisipasi Untar menjadi salah satu upaya dalam mengimplementasikan tagline “Untar untuk Dunia.”

EURIE 2024 merupakan kegiatan eksibisi dan konvensi pendidikan tinggi internasional besar tahunan di kawasan Asia-Eropa yang dihadiri kalangan pendidik, akademisi, pemegang kebijakan, dan pemangku kepentingan lain di bidang pendidikan tinggi dari seluruh penjuru dunia.

"Untar ingin berperan lebih luas dalam pendidikan tinggi tingkat global dengan terus meningkatkan kualitas. Untar telah diproyeksikan Ditjen Diktiristek sebagai salah satu universitas swasta kelas dunia atau World Class University,” ungkap Prof. Agustinus

Rektor Untar Prof. Agustinus berharap dapat menjalin kerja sama kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, untuk mendukung tercapainya SDM Unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Untar memiliki berbagai program unggulan yang dapat ditawarkan.

Dikatakan Prof. Agustinus Untar telah melaksanakan banyak kerja sama internasional dengan negara-negara di Asia, Australia, Uni Eropa, United Kingdom, dan Amerika. Harapannya, EURIE 2024 akan memperkuat dan memperluas kerja sama internasional dengan beberapa negara Eropa tambahan seperti Turki, Uzbekistan, Kazakhstan, Rumania, Brasil, Azerbaijan, dan Italia.

"Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Ditjen Dikti Kemendikbudristek yang telah memfasilitasi Untar. Kegiatan ini sangat bermanfaat serta mendatangkan hasil positif," ungkap Prof. Agustinus

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana mengatakan pihaknya mengoordinasi dan menggandeng sembilan perguruan tinggi terkemuka Indonesia untuk berpartisipasi dalam rangka transformasi pendidikan menyongsong Indonesia Emas 2045, dengan memperluas dan memperkuat jejaring mitra internasional untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Ia berharap kegiatan ini dapat memberi kesempatan lebih besar bagi perguruan tinggi Indonesia untuk memasuki pasar pendidikan tinggi dunia.

"Kami memberi apresiasi kepada Untar sebagai satu-satunya universitas swasta Indonesia yang mampu membuka booth sendiri, sehingga lebih fokus memperkenalkan keunggulan dan keunikan program pendidikan tinggi yang dimilikinya," ucap Yayat.

Mengenai keikutsertaan Untar, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. memberikan dukungannya bagi kegiatan internasionalisasi Untar. Ia mengatakan Yayasan Tarumanagara akan selalu memberi perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan yang membawa nama Untar di kancah internasional.

"Sebagai satu-satunya universitas swasta yang ditunjuk dan dipercaya oleh Ditjen Diktiristek, ini membuktikan peran nyata dan sumbangsih Untar untuk dunia dalam bersaing di kancah global bersama dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia," tegas Ariawan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm