Contoh Soal Literasi Sains Lengkap beserta Kunci Jawabannya Lengkap

6 Maret 2024 08:11 WIB
ilustrasi Contoh Soal Literasi Sains Lengkap beserta Kunci Jawabannya Lengkap
ilustrasi Contoh Soal Literasi Sains Lengkap beserta Kunci Jawabannya Lengkap ( canva View more by FatCamera from Getty Images Signature)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Soal Literasi Sains Lengkap beserta Kunci Jawabannya Lengkap.

Soal 1:

Teks:

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Banjir dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti curah hujan yang tinggi, pendangkalan sungai, dan alih fungsi lahan. Banjir dapat membawa berbagai dampak negatif, seperti kerusakan infrastruktur, kerugian ekonomi, dan bahkan korban jiwa.

Pertanyaan:

Berdasarkan teks di atas, jelaskan dua faktor utama penyebab banjir dan bagaimana kedua faktor tersebut saling terkait.

Jawaban:

Dua faktor utama penyebab banjir:

  1. Curah hujan tinggi: Curah hujan yang tinggi dalam waktu singkat dapat menyebabkan air meluap dan menggenangi daerah daratan yang biasanya kering.
  2. Pendangkalan sungai: Pendangkalan sungai terjadi akibat sedimentasi dan sampah yang terbawa air hujan. Pendangkalan sungai menyebabkan volume air yang dapat ditampung oleh sungai berkurang, sehingga air lebih mudah meluap.

Hubungan antara kedua faktor:

Curah hujan tinggi dan pendangkalan sungai saling terkait dalam menyebabkan banjir. Curah hujan tinggi menyebabkan air hujan yang mengalir ke sungai meningkat. Jika sungai mengalami pendangkalan, maka air hujan tersebut tidak dapat ditampung oleh sungai dan akan meluap ke daerah daratan.

Baca Juga: 30 Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Soal 2:

Teks:

Virus Corona (COVID-19) adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Virus ini dapat menular melalui droplet atau percikan air liur yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin. Gejala COVID-19 dapat berupa demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Pertanyaan:

Jelaskan dua cara utama penularan COVID-19 dan bagaimana cara pencegahannya.

Jawaban:

Dua cara utama penularan COVID-19:

  1. Droplet: Virus COVID-19 dapat menular melalui droplet atau percikan air liur yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin. Droplet ini dapat terhirup oleh orang lain dan menyebabkan infeksi.
  2. Kontak erat: Virus COVID-19 juga dapat menular melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi, seperti menyentuh tangan, wajah, atau benda yang terkontaminasi virus.

Cara pencegahan COVID-19:

  1. Menjaga jarak: Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain untuk menghindari terhirup droplet yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi.
  2. Mencuci tangan: Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer secara rutin untuk membersihkan tangan dari virus.
  3. Memakai masker: Memakai masker yang menutupi hidung dan mulut untuk mencegah droplet yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi terhirup oleh orang lain.
  4. Mendapatkan vaksinasi: Mendapatkan vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus.

Baca Juga: 35 Contoh Soal PTS PJOK Kelas 2 Semester 2 beserta Kunci Jawabannya

Soal 3:

Teks:

Pemanasan global adalah proses meningkatnya suhu rata-rata bumi secara bertahap akibat emisi gas rumah kaca. Gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dan nitrogen dioksida memerangkap panas di atmosfer bumi, sehingga menyebabkan suhu bumi meningkat.

Pertanyaan:

Jelaskan dua dampak negatif pemanasan global dan bagaimana cara mengatasinya.

Jawaban:

Baca Juga: 30 Contoh Soal Matematika SD Kelas 2 Semester 2 dengan Jawabannya

Dua dampak negatif pemanasan global:

  1. Perubahan iklim: Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim yang ekstrem, seperti kekeringan, banjir, dan badai.
  2. Kenaikan permukaan laut: Pemanasan global menyebabkan es di kutub mencair, sehingga permukaan laut naik dan dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Cara mengatasi pemanasan global:

  1. Mengurangi emisi gas rumah kaca: Mengurangi emisi gas rumah kaca dapat dilakukan dengan menggunakan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi energi, dan beralih ke moda transportasi yang ramah lingkungan.
  2. Melestarikan hutan: Hutan dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer, sehingga melestarikan hutan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: 25 Contoh Soal Kongruen Kesebangunan, Pelajaran Matematika Kelas 9

Soal 4:

Teks:

Daur ulang adalah proses mengubah sampah menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Daur ulang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA dan menghemat sumber daya alam.

Pertanyaan:

Jelaskan dua manfaat daur ulang dan bagaimana cara melakukan daur ulang dengan benar.

Jawaban:

Dua manfaat daur ulang:

  1. Mengurangi sampah: Daur ulang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA. TPA (tempat pembuangan akhir) yang penuh dapat menyebabkan berbagai masalah lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah.
  2. Menghemat sumber daya alam: Daur ulang dapat menghemat sumber daya alam yang digunakan untuk memproduksi barang baru. Misalnya, mendaur ulang kertas dapat mengurangi kebutuhan untuk menebang pohon.

Baca Juga: 50 Soal UTS PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawabannya

Cara melakukan daur ulang dengan benar:

1. Pisahkan sampah: Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang dari sampah yang tidak bisa didaur ulang. Biasanya, jenis sampah yang dapat didaur ulang akan memiliki label khusus.

2. Bersihkan sampah: Bersihkan sampah yang akan didaur ulang dari sisa makanan dan kotoran lainnya. Sampah yang kotor dapat mengontaminasi proses daur ulang.

3. Keringkan sampah: Keringkan sampah yang akan didaur ulang. Sampah yang basah dapat merusak kualitas material daur ulang.

4. Ikuti instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan oleh penyedia layanan daur ulang di daerah Anda. Instruksi ini mungkin berkaitan dengan jenis sampah yang diterima, tempat penampungan sampah, dan jadwal pengumpulan.


Dengan memahami pentingnya literasi sains dan menerapkan tips di atas, kita dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan masa depan yang lebih baik.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.