Stok Beras Cukup, Bulog Makassar Imbau Masyarakat Tidak Panic Buying

6 Maret 2024 18:00 WIB
Antrian panjang warga yang ingin membeli beras Bulog pada kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Pemprov Sulsel di Gedung PKK Sulsel.
Antrian panjang warga yang ingin membeli beras Bulog pada kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Pemprov Sulsel di Gedung PKK Sulsel. ( Dok Sonora.id)

Makassar, Sonora.ID - Gerakan Pangan Murah (GPM) Pemprov Sulsel yang digelar serentak di 24 Kabupaten/Kota, disambut antusias masyarakat. Di Makassar, GPM dilaksanakan di Gedung PKK Sulsel, jalan Mesjid Raya, Rabu (6/3/2024).

Sejak pagi, masyarakat telah memadati Gedung PKK untuk membeli bahan pokok dengan harga terjangkau. Selain gula dan minyak goreng, pantuan Sonora.id, masyarakat terlihat menyerbu truk Bulog yang membawa beras. 

Diketahui, saat ini harga beras di pasaran cukup mahal karena kendala pasokan yang terbatas. Karena itu, GPM dimanfaatkan masyarakat untuk berburu beras murah. Terlebih, hanya tersisa beberapa hari lagi jelang Ramadan. 

Pemimpin Cabang Perum Bulog Makassar, Karmila Hasmin Marunta, mengatakan, pihaknya menyiapkan beras sebanyak 10 ton, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama GPM berlangsung di Gedung PKK Sulsel. 

Beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) tersebut dijual sesuai HET yakni Rp54.500 ribu per 5 Kilogram.

"Kami akan terus menyalurkan beras SPHP ini kepada masyarakat hingga jelang Ramadan pada 11 Maret," ujar Karmila kepada wartawan.

Baca Juga: Langkah Pemprov Sulut Antisipasi Kenaikan Beras, Karo Ekonomi Sulut Reza: Tingkatkan Luas Tanam dan Produksi Padi

Karmila bilang, selain di GPM, masyarakat juga dapat membeli beras SPHP sesuai HET ini di 9 retail mitra Bulog Cabang Makassar. Seperti Alfamart, Indomaret, Benteng Mart dan beberapa toko grosir di Pasar Tradisional.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat tak perlu panic buying. Pihaknya terus berupaya menyiapkan stok beras berapapun kebutuhan masyarakat.

"Adanya pasar murah ini diharapkan masyarakat tak usah panic buying karena Bulog bekerja sama dengan Pemprov dan Kabupaten/Kota terus melakukan gerakan pangan. Sehingga masyarakat bisa tetap mendapatkan beras berkualitas dengan harga terjangkau," ucapnya.

Salah seorang warga, Suryani, mengaku cukup terbantu dengan adanya GPM ini. Ia bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga murah untuk menyambut Ramadan.

"Acara ini sangat bagus. Saya bisa beli gula, beras untuk persiapan bulan puasa," kata Suryani.

Ia pun berharap, GPM bisa rutin dilaksanakan agar masyarakat tetap bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm