Sambut Bulan Suci Ramadan, Pemkab Boyolali Gelar Padusan di Dua Tempat

8 Maret 2024 17:20 WIB
Pemkab Boyolali gelar padusan di dua tempat.
Pemkab Boyolali gelar padusan di dua tempat. ( tribunnews.com)

Boyolali, Sonora.ID — Menjelang puasa yang tinggal 3 hari lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, lewat Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), akan gelar acara padusan di dua tempat, yaitu Umbul Tirto Marto Pengging dan Umbul Tlatar.

Acara padusan tersebut akan digelar selama dua hari, yakni pada hari Sabtu dan Minggu (9-10/3/2024).

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan untuk memeriahkan tradisi padusan tahun ini, mulai dari prosesi kirab budaya hingga hiburan musik dangdut bagi warga Boyolali. Budi Prasetyaningsih, Kepala Disporapar Boyolali, mengungkapkan bahwa pada hari Sabtu akan diadakan tradisi ritual padusan di Umbul Tirto Marto Pengging, Banyudono.

“Tradisi yang kirab ada di Pengging. [Rutenya] Dari Kecamatan Banyudono sampai objek wisata Umbul Tirto Marto. Kemudian nanti ada arak-arakan. Untuk acara ritualnya padusan di Umbul Tirto Marto,” kata Ning, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Didukung Bolone Mase, Eks Ajudan Jokowi Ramaikan Pilkada Boyolali 2024

Ning menyampaikan bahwa tradisi padusan di Umbul Tirto Marto rencananya akan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari lingkungan Pemkab Boyolali, seperti kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan komunitas budaya.

Tradisi padusan besok akan dimulai dengan prosesi kirab budaya yang melibatkan 150 orang dari berbagai kalangan, termasuk birokrat, Mas-Mbak Boyolali, komunitas, Ketua Dewan Adat Keraton Solo, dan lain-lain. Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali juga mengungkapkan bahwa tujuan digelarnya ritual padusan adalah untuk menjaga kelestarian tradisi dan budaya masyarakat.

 “Jadi itu adalah tradisi budaya yang harus tetap dilestarikan. Kemudian memajukan pariwisata di Kabupaten Boyolali dengan memberikan wadah kepada masyarakat untuk tetap melestarikan tradisi tersebut,” ungkapnya.

Tidak hanya tradisi padusan saja, Disporapar Boyolali juga akan menyelenggarakan acara hiburan bagi masyarakat selama dua hari.

“Kalau untuk ritual satu hari, tetapi untuk acara padusan karena ada beberapa atraksi itu dua hari dari tanggal 9-10 Maret 2024, hari Sabtu dan Minggu. Hiburannya ada tari tradisonal, ada musik,” tuturnya.

Pertunjukan pentas musik selama dua hari akan diadakan di Umbul Sungsang, Pengging, dengan menampilkan hiburan dari Fajar Musik Ent, Minis Musik, Jukasua Band, dan Dynamic Band.

Sedangkan untuk acara tradisi padusan di Objek Wisata Umbul Tlatar, Boyolali, juga akan dimeriahkan dengan menampilkan pentas musik dari Yellow Official Music.

“Kami mengimbau untuk calon pengunjung jaga keselamatan karena ini adalah wisata air. Meskipun kami juga menyediakan ada beberapa personel untuk menjaga keselamatan di air,” terangnya.

Penulis : Kharissa Herawati

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm