Contoh Ceramah Kultum Tarawih Hari Kedua Ramadhan 1445 H Tahun 2024

13 Maret 2024 09:46 WIB
ilustrasi Contoh Ceramah Kultum Tarawih Hari Kedua Ramadhan 1445 H Tahun 2024
ilustrasi Contoh Ceramah Kultum Tarawih Hari Kedua Ramadhan 1445 H Tahun 2024 ( canva by Ann in the Uk)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Ceramah Kultum Tarawih Hari Kedua Ramadhan 1445 H Tahun 2024.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah mempertemukan kita kembali di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.

Hari ini, kita memasuki hari kedua, semoga semangat dan keikhlasan kita dalam beribadah terus meningkat.

Kultum tarawih malam ini, izinkan saya mengajak para hadirin untuk merenungkan pentingnya menjaga keberkahan bulan Ramadhan.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Ya Romadhon' - Sabyan, Lagu Religi Bertema Ramadhan

 

Memulai dengan Niat yang Benar

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya segala amal perbuatan tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan niatnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tersebut mengingatkan kita bahwa segala sesuatu berawal dari niat. Termasuk di dalamnya, ibadah puasa Ramadhan. Niat yang tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah menjadi pondasi utama diterimanya amal kita.

Pada hari pertama kemarin, mungkin semangat kita masih tinggi. Namun, di hari kedua ini, bisa saja rasa lapar dan haus mulai terasa. Jangan biarkan hal tersebut melemahkan niat kita. Justru, jadikan ini sebagai penyuci jiwa dan raga.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Ya Romadhon' - Sabyan, Lagu Religi Bertema Ramadhan

Memaknai Puasa Lebih dari sekedar Menahan Lapar dan Haus

Puasa Ramadhan bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus. Puasa yang hakiki adalah menjauhkan diri dari segala hal yang bisa membatalkan puasa, termasuk perkataan dan perbuatan yang buruk. Mari kita menjaga lisan dan perbuatan kita agar tidak terjatuh pada pergunjingan, fitnah, dan perbuatan yang bisa melukai hati orang lain.

Menjaga Keberkahan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pahala dilipatgandakan, pintu-pintu surga dibuka, dan setan dibelenggu.

Lantas, bagaimana cara kita menjaga keberkahan tersebut?

  • Perbanyak Ibadah: Tingkatkan ibadah kita, seperti sholat tarawih, tadarus Al-Quran, dan memperbanyak doa.
  • Menebar Kebaikan: Mari perbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama, terutama kepada yang membutuhkan.
  • Menjaga Hubungan dengan Allah dan Sesama: Selain menjaga diri dari perbuatan yang dilarang, perbanyaklah silaturahmi dan saling memaafkan.
  • Mengisi Waktu dengan Kegiatan Positif: Hindari kegiatan yang sia-sia dan melalaikan kita dari ibadah.

Dengan menjaga hal-hal tersebut, insya Allah, kita dapat meraih keberkahan Ramadhan yang luar biasa.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Kawanen Saur', Single Terbaru Denny Caknan Saat Ramadhan

Menyikapi Hambatan dan Godaan

Rasa malas, godaan untuk berbuka puasa, dan kesibukan sehari-hari bisa menjadi penghalang. Namun, ingatlah janji Allah SWT dalam QS. Al Baqarah ayat 286: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."

Mintalah kekuatan kepada Allah untuk bisa melewati ujian tersebut. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan para alim ulama jika menemui kesulitan dalam berpuasa.

 

Hari kedua Ramadhan baru saja kita lalui. Masih banyak hari yang tersisa untuk kita manfaatkan sebaik-baiknya. Mari kita songsong hari-hari selanjutnya dengan semangat yang lebih tinggi, niat yang lebih kuat, dan keikhlasan yang lebih mendalam.

Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam menjalankan ibadah puasa dan memberikan keberkahan bulan Ramadhan kepada kita semua.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm