Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ketiga: Menyambut Berkah Hadiah Malaikat

14 Maret 2024 09:15 WIB
ilustrasi Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ketiga: Menyambut Berkah Hadiah Malaikat
ilustrasi Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ketiga: Menyambut Berkah Hadiah Malaikat ( canva by Odua Images)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ketiga: Menyambut Berkah Hadiah Malaikat.

Puasa Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Setiap harinya di bulan suci ini memiliki keutamaan tersendiri, tak terkecuali hari ketiga.

Mari kita simak bersama keutamaan istimewa yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang berpuasa di hari ketiga Ramadhan.

Menurut beberapa hadits, salah satu keutamaan puasa di hari ketiga adalah diberikannya janji berupa taman permata yang indah di surga Firdaus.

Ini merupakan gambaran keindahan dan kenikmatan yang luar biasa bagi orang yang berpuasa dengan penuh keimanan dan keikhlasan. Taman tersebut digambarkan memiliki:

Baca Juga: 3 Zodiak Paling Dicintai Allah di Ramadhan 2024 Ini, Dosanya Diampuni!

  • Dua belas ribu rumah cahaya: Rumah-rumah yang terbuat dari cahaya ini melambangkan tempat tinggal yang mulia dan penuh berkah di surga.
  • Dua belas ribu tempat tidur: Tempat tidur ini menandakan kenyamanan dan ketenangan abadi yang diberikan Allah SWT kepada orang yang berpuasa.
  • Bidadari di setiap tempat tidur: Para bidadari ini bisa dimaknai sebagai bentuk kenikmatan dan kebahagiaan yang tiada tara di akhirat kelak.

Baca Juga: Lirik Lagu Ya Rouhi - Sabyan, Lagu Religi Bertema Ramadhan

Tak hanya itu, hadits juga menyebutkan bahwa setiap helai rambut orang yang berpuasa pada hari ketiga akan dikunjungi oleh seribu malaikat.

Setiap malaikat tersebut membawa hadiah untuk orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Ini menunjukkan betapa Allah SWT melimpahi rahmat dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya yang bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa.

Keutamaan yang disebutkan di atas tentu menjadi motivasi yang kuat bagi kita untuk menjalankan puasa dengan penuh semangat dan keikhlasan.

Namun penting untuk diingat bahwa pahala yang sebenarnya kita cari adalah ridha Allah SWT.

Keutamaan berupa surga dan kenikmatan akhirat hanyalah bonus dari Allah SWT atas ketaatan kita.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Trenggalek Ramadhan 2024 beserta Jadwal Buka & Sholat

Berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk meraih keutamaan puasa di hari ketiga dan sepanjang bulan Ramadhan:

  • Memperbanyak membaca Al-Quran: Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran. Perbanyaklah membaca, tadarus, dan merenungi makna Al-Quran untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
  • Meningkatkan shalat sunnah: Shalat sunnah seperti Dhuha, Tahajud, dan Rawatib bisa menjadi amalan tambahan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Memperbanyak sedekah: Mari berbagi rezeki kepada sesama, terutama kepada yang membutuhkan. Sedekah di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.
  • Menjaga lisan dan perbuatan: Hindari berkata-kata yang buruk, berbohong, dan berbuat hal yang bisa membatalkan puasa. Jaga agar puasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan hawa nafsu.
  • Mentafakkuri (merenungkan) hikmah puasa: Renungkanlah makna dan tujuan dari ibadah puasa. Puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga untuk membentuk pribadi yang lebih bertaqwa kepada Allah SWT.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Dapat Berkah Luar Biasa di Bulan Ramadhan 2024 Ini!

Dengan menjalankan puasa dengan penuh keimanan, keikhlasan, dan diiringi dengan amalan-amalan lainnya, InsyaAllah kita bisa meraih keutamaan puasa di hari ketiga dan sepanjang bulan Ramadhan.

Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan limpahan rahmat dan ampunan-Nya kepada kita semua.

Rahmat spiritual yang didapatkan selama berpuasa di hari ketiga ini, hendaknya menjadi penyemangat untuk terus menjalankan ibadah puasa hingga akhir Ramadhan. M

ari bersama-sama mengisi bulan suci ini dengan amal kebaikan agar kita bisa meraih kemenangan di Hari Raya Idul Fitri nanti.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm