Kembali Buat Heboh, Gibran Sediakan Wifi Gratis di Loji Gandrung Solo

15 Maret 2024 15:31 WIB
Gibran Rakabuming Raka.
Gibran Rakabuming Raka. ( kompas.com)

Solo, Sonora.ID - Gibran Rakabuming Raka sediakan layanan wifi gratis untuk masyarakat umum yang membutuhkan di rumah dinasnya Loji Gandrung.

Wali Kota Solo itu mengatakan bahwa sejak Kamis, 14 Maret 2024 kemarin wifi di Loji Gandrung sudah bisa digunakan. Ia tidak menyebutkan alasan khusus di balik penyediaan internet gratis di Loji Gandrung.

"Nggak ada ide, cuma agar internet bisa dipakai oleh warga gitu aja. Terbuka untuk umum, semua boleh monggo, teman-teman media juga boleh," ujarnya.

Anak pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menegaskan bahwa wifi gratis itu bukan kebijakannya. Ia hanya berkeinginan agar rumah dinasnya dapat digunakan oleh warga, sebab selama ini ia tidak pernah tinggal di rumah dinas Loji Gandrung.

"Itu bukan kebijakan, saya kan tidak pernah menggunakan rumah dinas. Biar rumah dinas dipakai untuk warga, untuk ngerjain tugas, mengerjakan skripsi, bukan kebijakan atau apa-apa," paparnya.

Internet gratis itu juga dibatasi mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Penjaga juga telah disediakan di Loji Gandrung untuk melakukan pengawasan.

"Ya nanti ada yang menjaga. Buka jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Nanti jam 7 malam tarawih. Iya cuma WiFi gratis aja," ucapnya.

Saat ditanya akankah menambah lokasi untuk internet gratis, Gibran hanya menjawab masih mencari CSR.

"Kita baru cari CSR lagi, agar banyak titik lagi untuk WiFi gratis. (Mahasiswa aja) Ya prioritas kegiatan produktif. Batas waktu setelah Ramadan diatur lagi waktunya," katanya.

Untuk saat ini sudah ada dua orang yang terpantau menggunakan internet gratis di Loji Gandrung, salah satunya yaitu mahasiswa UNS, Hafizah (22). Ia mengaku sangat senang akan adanya wifi gratis tersebut, karena sebelumnya ia membutuhkan internet untuk mengerjakan tugas.

"Kan selama ini beli kuota kalau mengerjakan tugas. Kebetulan di kuliah ada tugas yang memerlukan fasilitas dari internet. Jadi sangat membantu, ketika ada WiFi gratis ini jadi saya memanfaatkan untuk akses hal tersebut," ungkap Hafizah.

Hafizah mengakui bahwa ia mengetahui informasi tentang WiFi gratis tersebut dari Instagram milik Gibran Rakabuming Raka. Setelah mengetahui informasi tersebut, ia segera menuju ke Loji Gandrung.

Hafizah juga mengungkapkan bahwa koneksi internet masih lancar sejak pagi hari karena baru dipakai oleh dua orang. Ia berharap layanan internet ini dapat diandalkan dan stabil dalam jangka waktu yang lama.

"Ya berharap tidak hanya jangka pendek tapi dalam periode yang lama. Kemarin baru tahu dari Instagram Bapak Gibran. Ini lumayan cepat karena baru dua orang yang pakai, kalau ada user lain apakah sama kencang atau nggak," katanya.

"Saya berharap tidak hanya fokus di Loji Gandrung tapi di lokasi lain, agar pelajar mahasiswa bisa memanfaatkan WiFi gratis ini. Ke depan ya disediakan fasilitas tempat yang nyaman lagi, tadi nggak ribet tanya yang ada di Loji," tambahnya.

Penulis : Kharissa Herawati

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Semarak Ramadan, Festival Kampung Ramadan GP3D Sukoharjo Resmi Dibuka

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm