2 Contoh Proposal Pesantren Kilat yang Lengkap dan Mudah Dibuat

18 Maret 2024 14:22 WIB
Ilustrasi kegiatan pesantren kilat.
Ilustrasi kegiatan pesantren kilat. ( Pexels)

Sonora.ID - Untuk mengadakan pesantren kilat di sekolah, panitia harus menyusun proposalnya.

Proposal pesantren kilat ini dibuat untuk mendapatkan izin atau dukungan pihak lain agar kegiatan berjalan dengan baik.

Pada bulan suci ini, sekolah biasanya melaksanakan pesantren kilat selama 2 hari atau lebih untuk memperdalam ilmu agama siswa.

Lewat pesantren kilat, siswa diharapkan mendapatkan pengetahuan agama yang lebih luas.

Selain itu, pesantren kilat juga bertujuan memperkuat iman, membentuk karakter, meningkatkan disiplin, dan menjalin silaturahmi antarsiswa dan guru.

Berikut ini 2 contoh proposal pesantren kilat yang lengkap dan mudah dibuat dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Rundown Acara Pesantren Kilat yang Seru Cocok untuk Anak SD-SMA

Contoh Proposal Pesantren Kilat 1

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT SMP NEGERI 14 DEPOK 1428 H/2007 M

I. Pendahuluan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesucian dan kebajikan (hikmah). Di dalamnya terdapat terdapat suatu kewajiban ibadah puasa (shaum) bagi orang yang beriman, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sekaligus sebagai alat dalam rangka membersihkan diri / hati / jiwa manusia dari perbuatan keji (dosa). Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam Q.S. Al Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Hai orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

Shaum atau puasa yang dikehendaki ayat diatas bukan hanya sebatas menahan rasa haus dan lapar, lebih dari itu dengan puasa manusia diharapkan mampu menahan dirinya (nafsunya) dari perbuatan dosa/keji serta dapat meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT. Selain penuh dengan kesucian bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh hikmah/kebajikan bagi umat manusia. Pada saat itu, amalan ibadah manusia akan Allah SWT lipatkan pahalanya.

Untuk itulah dalam mengisi bulan ramadhan tersebut maka perlunya suatu kegiatan, khususnya di lingkungan siswa-siswi SMPN 14 Depok yang dapat mengantarkan mereka kepada tercapainya tujuan pelaksaan ibadah shaum. Kegiatan ini antara lain berupa Pesantren Kilat (Sanlat).

Dengan kegiatan ini para siswa diharapkan mempunyai bekal ilmu pengetahuan agama, khususnya menyangkut hal-hal yang berkenaan dengan amalan ibadah yang dianjurkan pada bulan ramadhan dan mereka dapat melaksanakan shaum dengan benar sehingga tujuan daripada ibadah shaum yaitu menjadi orang yang
bertakwa dapat tercapai.

II. Nama Kegiatan

Pesantren Kilat SMP Negeri 14 Depok

III. Tema Kegiatan

“Dengan Pesantren Kilat Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT”

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm