7 Contoh Kultum Singkat untuk Anak SD Tema Ramadhan, Mudah Dihafalkan!

20 Maret 2024 13:20 WIB
ilustrasi ceramah, Contoh Kultum Singkat untuk Anak SD Tema Ramadhan
ilustrasi ceramah, Contoh Kultum Singkat untuk Anak SD Tema Ramadhan ( Freepik)

Sonora.ID - Simak beberapa contoh kultum singkat untuk anak SD yang bisa menjadi referensi. 

Kultum atau Kuliah Tujuh Menit merupakan salah satu hal yang sering dijumpai saat bulan suci Ramadhan.

Biasanya isinya tentang pesan atau nasihat kebaikan.

Kultum biasa disampaikan sebelum buka puasa, sebelum tarawih atau sesudah subuh oleh pendakwah, ustaz, dan tokoh penting.

Nah, di sekolah, biasanya siswa SD akan mendapat tugas untuk menulis dan menyampaikan kultum singkat.

Berikut beberapa contoh referensi yang bisa digunakan.

Baca Juga: Jadwal Libur Lebaran untuk SD, SMP dan SMA/SMK Tahun 2024, Cek di Sini!

Contoh Kultum Singkat untuk Anak SD

  • 1. Membangun Ukhuwah Islamiyah dan Kebersamaan di Bulan Ramadan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada bulan suci Ramadhan ini, Allah SWT memberikan banyak kesempatan kepada kita untuk memperkuat tali ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan dalam kehidupan kita sebagai umat Muslim.

Bulan ini, kita dituntut untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan, namun tidak hanya itu, kita juga harus meningkatkan kerja sama dan saling menguatkan antara satu sama lain.

Ukhuwah Islamiyah yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam agama Islam mengajarkan kita untuk saling mencintai, menghormati, dan membantu sesama umat Muslim.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Kalian tidak beriman sampai kalian mencintai sesama kalian sebagaimana kalian mencintai diri kalian sendiri.”

Di bulan Ramadan, kita harus memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah dengan cara yang berbeda.

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan di bulan Ramadan:

1. Menjalin Silaturahmi

Manfaatkan bulan Ramadan ini untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga, sahabat, dan tetangga. Kita bisa memulainya dengan saling mengirimkan ucapan selamat datang bulan Ramadan dan berbuka puasa bersama.

Ini adalah kesempatan baik untuk mengenal lebih dekat orang-orang di sekitar kita dan mempererat hubungan antara sesama umat Muslim.

2. Berbagi Rezeki

Dalam bulan Ramadan, kita juga harus berbagi rezeki dengan sesama. Kita bisa menyumbangkan sebagian dari harta kita untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Kita juga bisa memberikan makanan berbuka puasa kepada orang-orang yang kurang mampu. Dengan berbagi rezeki, kita akan merasakan kebahagiaan yang sama dengan orang yang kita bantu.

3. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Bulan Ramadan juga adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Kita bisa memperbanyak amalan-amalan sunnah seperti shalat diawal waktu, membaca Al-Qur’an, dan melakukan sedekah.

Dengan meningkatkan kualitas ibadah kita, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan juga merasa lebih dekat dengan sesama umat Muslim.

4. Meminta Maaf dan Memaafkan

Salah satu cara untuk memperkuat tali ukhuwah Islamiyah adalah dengan meminta maaf dan memaafkan antara sesama Muslim.

Kita bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk membersihkan hati dari rasa dendam dan kesalahan yang pernah dilakukan pada sesama.

Dengan memaafkan dan meminta maaf, kita akan merasa lebih damai dan tenang dalam menjalani hidup.

Mari kita gunakan bulan Ramadan ini sebagai momentum untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan di antara sesama umat Muslim.

Kita harus menghindari perpecahan dan memperkuat persatuan agar tercipta suasana yang harmonis dan damai dalam kehidupan kita.

Tentu saja, untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan, kita juga harus menghindari perilaku-perilaku yang dapat merusak hubungan antar sesama umat Muslim.

Seperti fitnah, ghibah, dan mencaci maki orang lain, atau bahkan menghindari seseorang tanpa alasan yang jelas.

Kita harus senantiasa mengedepankan sikap yang baik, sopan dan santun, serta berusaha menjalin hubungan yang harmonis dan baik dengan orang di sekitar kita.

Semoga kultum ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan dalam kehidupan kita sebagai umat Muslim.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm