Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Wonogiri, Bisa Untuk Berburu Takjil!

25 Maret 2024 12:35 WIB
Watu Cenik Wonogiri
Watu Cenik Wonogiri ( Kompas.com)

Wonogiri, Sonora.ID - Menunggu waktu berbuka puasa atau yang kerap disebut dengan “ngabuburit” kini menjadi salah satu kegiatan yang gemar dilakukan oleh masyarakat di bulan Ramadan.  Umumnya, mereka mencari lokasi yang asik dan nyaman untuk nongkrong sembari menunggu azan magrib sebagai tanda berbuka puasa.


Di Wonogiri, terdapat beberapa tempat yang cocok dikunjungi untuk ngabuburit. Lokasinya pun juga tidak jauh dari pusat kota dan tidak memerlukan biaya yang besar. Bahkan pengunjung hanya perlu membayar karcis parkir sebagai biaya akses.

 

Lokasi pertama yaitu Monumen Bedol Desa, Monumen ini terletak tepat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur. Di sana pengunjung dapat menghabiskan waktu sambil menikmati indahnya pemandangan waduk. Berkunjung kesana juga gratis alias tidak dikenakan biaya, bahkan disana juga terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam minuman dan makanan, sehingga pengunjung tak perlu repot-repot untuk mencari takjil. Apabila berkunjung di akhir pekan, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan live music.

 

Baca Juga: DBD di Sukoharjo Melonjak, Weru Jadi Wilayah Dengan Kasus Tertinggi

 

Salah satu warga sekitar, Eko, mengaku bahwa dirinya sering menghabiskan waktu untuk ngabuburit di kawasan Monumen Bedhol Desa. Menurut Eko, tempat tersebut sangat menyenangkan, dan juga ada banyak pedagang takjil disana. 

 

"Jadi sekali jalan, ngabuburit sekalian cari takjil karena ada beberapa pedagang," ucapnya.

Tempat kedua adalah Waduk Krisak, atau sering disebut juga sebagai Waduk Tandon. Lokasinya terletak di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Wonogiri. Disana terdapat berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari berolahraga, memancing atau hanya sekedar bersantai disana. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena disana terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan untuk berbuka puasa. 

 

Selanjutnya adalah Watu Cenik. Wisata yang terletak di Desa Sendang ini juga merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk ngabuburit. Pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan yang luas dan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Watu Cenik terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota.

 

Baca Juga: Siapkan Kampung Siaga Bencana Jadi Langkah Kemensos Mitigasi Bencana

 

Dengan jarak kurang lebih 8 kilometer, Watu Cenik dapat dicapai dalam waktu kurang dari 20 menit.

 

Di Watu Cenik, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama Wonogiri yang begitu indah. Dari atas Watu Cenik, mereka dapat menikmati keindahan pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan hamparan perbukitan disekitarnya. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya dengan membayar Rp 5 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pemandangan Wonogiri dari ketinggian.

 

Penulis: Zulfa

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm