Bupati Berau Setujui Master Plan Penguatan Perhutanan Sosial Berbasis IAD

28 Maret 2024 14:55 WIB
Pemkab Berau melaksanakan Presentasi dan Penandatanganan Dokumen Master Plan Penguatan Perhutanan Sosial Berbasis Pengembangan Kawasan Terpadu (Integrated Area Development/IAD) di Kabupaten Berau, pada Rabu (27/3/24).
Pemkab Berau melaksanakan Presentasi dan Penandatanganan Dokumen Master Plan Penguatan Perhutanan Sosial Berbasis Pengembangan Kawasan Terpadu (Integrated Area Development/IAD) di Kabupaten Berau, pada Rabu (27/3/24). ( )

Sonora.ID - Pemkab Berau melaksanakan Presentasi dan Penandatanganan Dokumen Master Plan Penguatan Perhutanan Sosial Berbasis Pengembangan Kawasan Terpadu (Integrated Area Development/IAD) di Kabupaten Berau, pada Rabu (27/3/24) di ruang Rapat RKPD Bapelitbang.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan dokumen master plan IAD oleh Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas.

Dokumen Master Plan IAD Lanskap Segah Kabupaten Berau ini merupakan yang pertama di Kaimantan Timur dan yang ke tiga di Kalimantan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Berau.

Dalam sambutanya, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, mewakili Pemkab Berau "saya berterima kasih karena dengan segala potensi yang dimiliki Berau ternyata dapat menyedot perhatian para NGO yang ada sehingga kami merasa terdampingi sekali untuk mengelola potensi potensi alam yang ada".

"Bukan hanya mengelola, tetapi bagaimana kita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sumber daya alam yang kami miliki," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga Bupati mengingatkan untuk fokus pengembangan kawasan perdesaan yang ada.

Kepada dinas DPMK saat ini sangat fokus sekali untuk mendorong supaya Kakam bisa berinovasi dan bermitra dengan NGO yang ada di sini supaya bisa meningkatkan potensi perdesaan yang ada di kabupaten Berau.

"Kita ketahui bahwa, Berau ini sangat luas sekali dengan multi suku yang ada, kemudian juga dengan sumber daya alam yang bermacam macam, ini bisa kita tingkatkan SDA tanpa harus merusak keasliannya tetapi tetap memberikan pemasukan yang menjadi pendapatan asli kampung masing-masing," tegasnya.

Baca Juga: Pemkab Berau Kembali Mengelar Safari Ramadhan di Masjid Al-Hijrah Kecamatan Gunung Tabur

Selain itu, mereka berusaha mendampingi bahkan ada master plan atau perencanaan untuk membangun danau nyadeng dan gunung ketepu untuk lintasan lintasannya tempat lewat, tetapi tidak mengurangi keaslian dari tempat tersebut.

Bupati juga berharap kerjasama yang kini terjalin dapat menjadi momen peningkatan perekonomian masyarakat Berau. Selain itu juga perkembangan potensi yang dimiliki setiap kampung yang ada di Kabupaten Berau dapat berkembang terus. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm