Jaga Kestabilan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran, Dinas Ketahanan Pangan Gelar Gerakan Pangan Murah

1 April 2024 21:10 WIB
Warga mengantri untuk berbelanja barang kebutuhn pokok pada GPM yang digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Senin, 1 April 2024.
Warga mengantri untuk berbelanja barang kebutuhn pokok pada GPM yang digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Senin, 1 April 2024. ( William)

PONTIANAK, Sonora.ID - Dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H, sekaligus menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Barat menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalbar, Senin, 1 April 2024.

Barang-barang kebutuhan pokok yang digelar di GPM kali ini diantaranya gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, dan barang kebutuhan masyarakat lainnya menjelang Lebaran.

"Barang-barang yang ada di GPM ini seperti beras, telur, gula, minyak goreng, dan beberapa barang kebutuhan lain, " terang Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat M Bari, usai kegiatan.

Baca Juga: Moorlife Gelar Bukber Bersama Anak Yatim di HARRIS Pontianak

Bari memastikan kebutuhan pokok di Kalbar tersedia hingga Hari Raya Idul Fitri nanti dan pihaknya akan terus melakukan intervensi untuk menjaga kestabilan harga dan menjaga kebutuhan bahan pangan serta bahan pokok.

"Untuk masyarakat biasanya ada kebiasaan ketika Idul Fitri itu konsumtif. Hindari konsumtif, dan pandai memilah mana yang paling penting, belanjalah sesuai dengan kebutuhan supaya tidak terjadi Panic Buying, " pesannya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat, Doni Saiful Bahri menegaskan Pemprov Kalbar melalui Dinas Ketahanan Pangan akan terus mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh Kabupaten/kota dan daerah yang terdampak inflasi.

"Yang kami gelar ada komoditi beras, gula pasir, minyak goreng, " jelas Doni.

Dia juga menambahkan untuk Apel Siaga Gerakan Pangan Murah se Indonesia  ini apel siaga gerakan pangn seindonesia ini lebih bervariasi komoditi yang disubsidi seperti daging, bawang merah, cabai dan sebagainya.

Selain Gerakan Pangan Murah, Pemerintah Provinsi juga menggelar operasi pasar di instansi - instansi seperti Disperindag, dan bermitra juga dengan Bulog. Sedangkan untuk GPM sudah masuk yang ke -16 kalinya diadakan.

"Ini sudah yang ke - 16 kali kita adakan, masih ada 10 kali lagi, " imbuhnya.

Ke depan lanjut Doni, akan ada beberapa Kabupaten yang akan didatangi untuk kegiatan GPM seperti di Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sanggau, dan Kodam juga akan diadakan.

Sementara itu salah satu warga Erna mengatakan sangat terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah tersebut. Dia mengaku berbelanja untuk kebutuhan sehari - hari dan pedsiapan lebaran nanti.

"Yang jelas untuk kebutuhan sehari - hari dan Lebaran, harga juga lumayan murah, " tuturnya sambil membawa hasil belanjaannya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm