Masuk 18 usulan UNESCO Global Geopark Baru, Geopark Meratus Siap Menjemput Dunia

3 April 2024 12:50 WIB
Ketua Harian badan Pengelola Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana
Ketua Harian badan Pengelola Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana ( )

Banjarbaru, Sonora.ID – UNESCO merilis 18 usulan UNESCO Global Geopark baru yang akan di evaluasi dalam waktu dekat.

Geopark Meratus dan Kebumen dari Indonesia akan di evaluasi bersama-sama Geopark Mount Kilimanjaro dari Tanzania dan beberapa geopark lain dari berbagai negara seperti Brazil, Canada, Morocco, dan Norwegia.

“Alhamdulillah melalui laman resmi UNESCO Digital Library, geopark Meratus ada dalam 18 usulan UNESCO Global Geopark baru yang akan di evaluasi oleh UNESCO tahun ini,” ucap Ketua Harian badan Pengelola Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana, kepada sejumlah wartawan, pada Selasa (02/04).

Menurut Hanifah, evaluasi ini merupakan momentum penting yang harus dipersiapkan secara matang oleh Badan Pengelola Geopark Meratus tentunya Bersama Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota yang menjadi lokasi 54 situs Geopark Meratus, serta stakeholder terkait bersama dengan Mitra Geopark Meratus.

Baca Juga: Mensos Risma Dorong Penyandang Disabilitas di Kendari untuk Belajar Wirausaha

“Bapak Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor sangat mendukung semua upaya yang telah dilakukan semua pihak dalam mewujudkan mimpi besar menjadi bagian dari dunia dalam hal ini mendapat pengakuan sebagai UNESCO Global Geopark,” tegas Hanifah yang juga Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Kalsel.

Dijelaskannya, beberapa persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, diantaranya dalam waktu dekat akan dihadirkan representasi Geopark Meratus di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

“Desainnya telah beberapa kali di konsultasikan baik kepada BP Geopark Meratus ataupun kepada pihak Angkasa Pura. Pemenuhan aksesibilitas, fasilitas dan juga visibilitas akan selesai pada tahun ini oleh Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan,” sambung Hanifah.

Peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar situs dan pengelola situs, lanjut Hanifah, juga mendapat intervensi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perindustrian dan Pariwisata.

Hal ini menunjukkan bukti keseriusan Paman Birin Gubernur Kalimantan Selatan untuk Kalimantan Selatan menjemput dunia.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm