Bupati Klaten Siapkan Ambulans dan Tenaga Kesehatan Bagi Pemudik

3 April 2024 15:20 WIB
Puluhan mobil ambulans terparkir di halaman Pendopo Pemkab Klaten
Puluhan mobil ambulans terparkir di halaman Pendopo Pemkab Klaten ( Tribunnews.com)

Klaten, Sonora.Id - Bupati Klaten, Sri Mulyani mengadakan apel dengan 64 ambulans dan 190 tenaga kesehatan (nakes) untuk menyambut pemudik yang melewati Kabupaten Klaten selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

 

Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, menyelenggarakan Apel Ambulance Pos Kesehatan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 yang dilakukan di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (2/4/2024).

 

Menurut laporan dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, pada arus mudik Lebaran tahun ini ada sebanyak 64 unit ambulans yang telah disiapkan untuk beroperasi selama 24 jam selama arus mudik hingga balik Lebaran. Unit ambulans yang tersedia terdiri dari ambulans dari puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

 

"Ada 64 ambulans dan ada total 190 tenaga kesehatan yang kami ikut apelkan pagi hari ini," ungkapnya.

 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2024 sekaligus bentuk kesiapsiagaan layanan kesehatan di Kabupaten Klaten,” lanjutnya.

 

Baca Juga: Gaya Arsitektur Unik Masjid Nurul Firdaus Kini Jadi Daya Tarik Wisata

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten juga melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap semua unit ambulans dan kelengkapan kegawatdaruratannya sebelum pelaksanaan apel, dan memastikan bahwa seluruh unit tersebut laik guna dan laik jalan. Layanan ambulans tersebut nantinya akan disiagakan di pos-pos kesehatan dan disediakan secara gratis bagi pemudik.

 

Adapun pos kesehatan yang disediakan tersebar di 7 titik pos pelayanan terpadu, yaitu pos terpadu Alun-alun Klaten, Terminal Karang Delanggu, Prambanan, Jatinom, Exit Tol Ceper, Exit Tol Ngawen serta pos kesehatan Terminal Ir Soekarno. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani meminta seluruh ambulans dipastikan dalam kondisi prima lengkap dengan tenaga kesehatan dan sopirnya. Sehingga diharapkan ambulans yang disiagakan dapat memberikan layanan yang optimal.

 

Pos kesehatan telah disiapkan di tujuh titik pos pelayanan terpadu, yaitu di Alun-alun Klaten, Terminal Karang Delanggu, Prambanan, Jatinom, Exit Tol Ceper, Exit Tol Ngawen, dan Terminal Ir Soekarno. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani juga meminta agar semua ambulans dipastikan dalam keadaan siap operasional dengan tenaga kesehatan dan sopirnya. Sri Mulyani berharap ambulans yang telah disiapkan dapat memberikan layanan yang optimal.

 

“Pastikan perlengkapannya sudah sesuai SOP, serta drivernya selalu siaga. Pastikan layanan yang diberikan secara optimal,” katanya.

 

Bupati Klaten juga mengawasi secara langsung kesiapan unit ambulans yang telah disiapkan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 dari tanggal 4 April 2024 hingga 16 April 2024. Salah satunya dengan memeriksa kelengkapan dan memastikan bahwa kondisi ambulans siap dan memenuhi standar untuk digunakan, terutama dalam situasi darurat.

 

Bupati Klaten Sri Mulyani meminta kepada seluruh petugas untuk terus memantau kondisi kendaraan dan menjaga kesehatan mereka sendiri, sehingga setiap individu yang bertugas dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

"Saya berharap agar seluruh petugas kesehatan di Kabupaten Klaten untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan serta memperkuat koordinasi dengan dinas kesehatan dan dinas terkait," ungkapnya.

 

“Saya juga berharap, seluruh petugas kesehatan bisa melakukan pelaporan dengan cepat dan tepat, serta siap dalam keadaan gawat darurat,” lanjutnya.

 

Penulis : Zulfa Abdat

 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm