Gibran Himbau Masyarakat Solo Untuk Hindari Titik Rawan Kemacetan

3 April 2024 15:25 WIB
Gibran Rakabuming
Gibran Rakabuming ( Kompas.com)

Solo, Sonora.ID - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghimbau warganya untuk mewaspadai lokasi-lokasi rawan kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Solo. Dia juga berusaha untuk berkoordinasi dengan pihak terkait guna memastikan kelancaran dan keamanan selama mudik lebaran tahun ini.


“Yang penting semuanya lancar aman. Kita koordinasi dengan forkopimda terkait titik kemacetan 
dan titik rawan juga. Insyaallah aman,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (3/4/2024).

 

Lebih lanjut Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo menjelaskan kawasan wisata dan pusat perbelanjaan menjadi titik rawan kemacetan yang paling diwaspadai. Kawasan wisata yang masuk dalam titik rawan kemacetan meliputi Simpang Lima Banjarsari, Simpang Balapan, Simpang Gilingan, dan Simpang Ngemplak. Sedangkan pusat perbelanjaan meliputi Pasar Klewer, Simpang Coyudan, hingga Pasar Gede.

 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, menyatakan bahwa kawasan wisata dan pusat perbelanjaan di Solo merupakan area kemacetan yang paling diwaspadai. Kawasan wisata yang masuk dalam titik rawan kemacetan mencakup Simpang Lima Banjarsari, Simpang Balapan, Simpang Gilingan, dan Simpang Ngemplak. Sementara itu, pusat perbelanjaan yang dianggap titik rawan kemacetan termasuk Pasar Klewer, Simpang Coyudan, dan Pasar Gede."

 

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2024, Jalan Tol Solo-Yogya Akan Kembali Dibuka

 

“Pastinya di kawasan wisata, pusat perbelanjaan. Potensinya di Banjarsari, Balapan, Gilingan, Ngemplak. Di kawasan perbelanjaan juga, di Klewer, Coyudan, Pasar Gede,” terangnya.

 

Di samping itu, pihaknya juga mengantisipasi kemacetan di jalan yang dilalui perlintasan kereta api, terutama yang paling rentan terhadap kemacetan yaitu Perlintasan Sebidang Pasar Nongko dan juga Stasiun Balapan.

 

“Perlintasan kereta api juga menjadi titik kepadatan yang perlu kita pantau. Pasar Nongko, Balapan. Kereta api ekstra lebaran juga,” jelasnya.

 

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu (6/4/2024), sedangkan untuk puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada hari Minggu (14/4/2024).

 

“Prediksi kita di hari Sabtu besok yang mudik. Puncaknya Sabtu itu. Arus baliknya kita prediksikan Minggu karena Senin ada bonus libur tanggal 15 April terutama yang ASN. Biasanya dimepetkan pulangnya,” jelasnya.

 

Pihaknya juga menempatkan sejumlah petugas untuk mengatur lalu lintas di beberapa titik rawan kemacetan. Selain itu, mereka juga melakukan penyesuaian pada pengaturan lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan.

 

“Kita punya CCTV di 200 lokasi 68 persimpangan traffic light untuk menjadi pantauan awal kita. Kita intervensi traffic light. Ketika kita lihat ada kepadatan petugas kita luncurkan ke lokasi. Petugas patroli kita siagakan 3 regu. Derek juga kita siapkan,” terangnya.

 

Penulis : Zulfa Abdat

 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm