Penerbangan Makassar-Banjarmasin Resmi Beroperasi, Pj Gubernur Sulsel : Dukung Ekosistem IKN

4 April 2024 16:55 WIB
Pj Gubernur Sulsel melepas penumpang penerbangan perdana rute Makassar - Banjarmasin di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
Pj Gubernur Sulsel melepas penumpang penerbangan perdana rute Makassar - Banjarmasin di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Maskapai Lion Air resmi membuka penerbangan rute Makassar - Banjarmasin pulang pergi yang beroperasi mulai Rabu, 3 April 2024. Rute baru tersebut diluncurkan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kajati Sulsel dan Bupati Maros di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Penerbangan langsung Makassar-Banjarmasin ini diinisasi oleh Pj Gubernur Sulsel bersama Kapolda untuk mempermudah mobilisasi masyarakat asal Sulsel yang ada di Kalimantan Selatan maupun sebaliknya. Selama ini, penerbangan dari dan ke Banjarmasin melalui Makassar, harus transit di Surabaya atau Jakarta. 

Bahtiar mengatakan, hadirnya rute langsung tersebut, selain lebih murah juga akan mempercepat mobilisasi masyarakat.

Apalagi, Agustus mendatang, Ibu Kota Negara (IKN) akan menjadi tujuan baru seluruh masyarakat Indonesia. Ini karena aktivitas pemerintahan akan dialihkan di Penajam Paser Utara, Kalimantan Selatan.

"Secara langsung inilah yang diinginkan oleh Bapak Presiden Jokowi, membuka jalur penerbangan, jalur laut, ini benar-benar mendukung ekosistem ekonomi baru, ekosistem sosial baru, ekosistem pemerintahan pasca IKN dan IKN itu sekarang ini, pada bulan Agustus itu sudah di sana semua pemerintahan," beber Bahtiar.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan armada penerbangan demi mendukung ekosistem ekonomi baru tersebut. Selain itu, rute Makassar-Banjarmasin menjadi jalan untuk pererat hubungan persaudaraan antara masyarakat Sulsel dengan Kalsel.

"Bukan sekedar ekonomi, tapi ini adalah jembatan keluarga, jadi erat lagi hubungan dengan Provinsi Sulsel," ucapnya. 

Baca Juga: Cara Reschedule Tiket Lion Air di Websitenya Langsung, Mudah Ternyata

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi, mengakun, ide pembukaan rute tersebut berangkat dari pengalaman dirinya saat bertugas di Kalimantan Selatan.

Selama bertugas mulai dari 1992 hingga 2023 di Kalimantan Selatan, belum ada maskapai yang melayani penerbangan langsung Banjarmasin ke Makassar atau sebaliknya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm