7 Teks MC Halal Bihalal: Untuk Masjid, Sekolah, Keluarga, Kantor, RT, dan Teman

5 April 2024 11:00 WIB
Kumpulan contoh teks MC halal bihalal yang lengkap untuk di masjid, sekolah, teman, hingga RT.
Kumpulan contoh teks MC halal bihalal yang lengkap untuk di masjid, sekolah, teman, hingga RT. ( Freepik)

Sonora.ID - Halal bihalal diartikan sebagai kegiatan maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Acara ini biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang dan ini telah menjadi tradisi di Indonesia. 

Dalam tempat tersebut biasanya akan ada MC atau pembawa acara yang bertugas memandu acara dari awal hingga acara berakhir.

Bagi Anda yang bertugas menjadi MC halal bihalal idul fitri tahun ini Anda dapat berlatih di rumah dengan membaca contoh teks MC halal bihalal lengkap untuk berbagai kepentingan berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 45 Tema Halal Bihalal Tahun 2024: Islami, Penuh Kehangatan, Menarik

Teks MC Halal Bihalal Lengkap Untuk Sekolah, Keluarga, Kantor hingga RT

(1) Teks MC Halal Bihalal di Keluarga

Bismillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Kepada Bapak/Ibu … selaku tuan rumah halal bihalal keluarga Bani ….

Yang saya hormati kepada Bapak/Ibu Ustadz ……….

Dan yang saya hormati pula seluruh keluarga besar Bani ……. semoga Allah selalu memberikan perlindungan kebahagiaan.

Segala puja dan puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan bagi kita sekeluarga untuk berkumpul bersama di acara halal bihalal Idul Fitri 2024.

Semoga Allah SWT selalu senantiasa memberikan kelimpahan rahmat, taufik dan hidayah kepada kita semua yang hadir di acara ini.

Tak lupa pula shalawat dan salam yang terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Nabiyullah Muhammad SAW, beserta keluarga serta para sahabatnya.

Berkat beliaulah kita semua sebagai umat muslim dapat menikmati kehidupan yang tercerahkan dan kemuliaan, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Untuk mempersingkat waktu jalanya halal bihalal keluarga besar Bani …. di Idul Fitri 2024 ini, maka perkenankan saya sebagai MC atau pembawa acara untuk membacakan susunan acara seperti berikut.

  • Di buka dengan pembukaan
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh ananda ….
  • Sambutan dari tuan rumah keluarga besar Bani …..
  • Tausiyah yang dibawakan oleh Bapak/Ibu Ustadz ….
  • Doa
  • Makan bersama
  • Dan yang terakhir adalah penutupan yang diisi dengan silaturahmi antar keluarga besar Bani..

Karena waktu semakin siang/malam, mari kita buka bersama acara halal bihalal ini dengan bacaan Basmalah dengan dilanjut dengan membaca ayat Al-Qur’an yaitu Al-Fatihah.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara/saudari ……. waktu dan tempat saya persilahkan.

Setelah mendengarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan sambutan yang akan disampaikan oleh bapak/ Ibu …… yang merupakan perwakilan dari tuan rumah keluarga besar Bani …. saya persilahkan.

Acara dilanjutkan dengan Tausiyah yang akan dibawakan oleh Bapak/Ibu Ustadz/ Ustadzah …… saya persilahkan.

Alhamdulillah, akhirnya acara demi acara telah selesai dilaksanakan, berikutnya adalah doa bersama yang akan dipimpin oleh Bapak/Ibu Ustad/Ustadzah …… saya persilahkan.

Untuk acara selanjutnya yaitu acara makan bersama dengan dilanjutkan dengan acara silaturahmi antar keluarga besar Bani …..

Sebelum menuju pada acara makan bersama, saya selaku MC atau pembawa acara dalam momen halal bihalal Idul Fitri 2024 mohon untuk undur diri, apabila ada kesalahan kata atau ucapan yang mungkin menyinggung atau menyakiti hati Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Untuk menutup acara halal bihalal Idul Fitri di keluarga besar Bani … mari kita semua tutup dengan membaca Alhamdulillahi Robbil Alamin. Sekian.

Billahi Taufik Wal Hidayah Wal Inayah, Waliraddah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

(2) Teks MC Halal Bihalal di Sekolah

Bismillah, Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama yang saya hormati ketua panitia, saudara/saudari …… (nama ketua panitia).

Yang saya hormati pula Bapak/Ibu Kepala Sekolah ….. (nama kepala sekolah) dan juga seluruh jajaran guru dan staf admin yang hadir di acara halal bihalal ini.

Dan yang saya hormati, teman-teman yang berbahagia.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm