Album Menari dengan Bayangan oleh Hindia Menembus Satu Milyar Streams di Spotify

9 April 2024 16:30 WIB
Album Menari dengan Bayangan oleh Hindia Menembus Satu Milyar Streams di Spotify
Album Menari dengan Bayangan oleh Hindia Menembus Satu Milyar Streams di Spotify ( )

Sonora.ID - Lebih dari empat tahun sejak Hindia melepas Menari dengan Bayangan, album perdana musisi dan pencipta lagu asal Jakarta tersebut masih terus mencetak prestasi. 

Pencapaian terbarunya adalah menembus satu milyar streams di Spotify per 8 April 2024, yang sekaligus menjadikan Menari dengan Bayangan sebagai album solois pria Indonesia pertama yang meraih status itu.

“Awal tahun ini diberi tahu bahwa melihat dari perkembangan angkanya, tampaknya Menari dengan Bayangan akan kena satu milyar streams per pertengahan bulan Mei. Ternyata lebih cepat, dan sadarnya pagi ini saat baru bangun dan cek angka streams yang saya lakukan seminggu sekali di back end Spotify,” kata Baskara Putra alias Hindia. 

“Senang, tentunya. Ini album kecil yang tidak diproyeksikan sama sekali akan menjadi besar. Ternyata responnya sangat baik dan sudah di titik mengubah hidup saya secara sangat drastis.”

Dengan tiga lagu dari albumnya – “Evaluasi”, “Rumah ke Rumah” dan “Secukupnya” – yang sudah melebihi 200 juta streams, tampak jelas bahwa ada sesuatu pada Menari dengan Bayangan yang membuatnya mampu terus menggaet pendengar baru serta membuat pendengar lamanya tetap menyimak, serta memungkinkan Hindia bisa tampil di berbagai negara Asia serta di Australia. 

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu 'Matahari Tenggelam' - Hindia, Lagi Viral!

Menurut Hindia, “Mungkin justru karena berbagai 'kekurangan' album ini secara teknis. Produksinya tidak begitu megah, melodi vokalnya tidak begitu meliuk-liuk dan indah. Pada akhirnya ia menjadi sebuah album yang 'menapak' tanah, dan mungkin jadi lebih accessible untuk banyak orang, terutama di saat muatan liriknya banyak berbicara tentang permasalahan sehari-hari kebanyakan orang dewasa muda.”

Selain menjadi prestasi untuk Hindia, tembusnya satu milyar streams di Spotify untuk Menari dengan Bayangan ini juga merupakan pencapaian bagi KithLabo karena album yang dirilis oleh perusahaan rekaman Sun Eater itu merupakan proyek perdana yang ditangani layanan artis persembahan Believe Indonesia tersebut. 

Menurut Ririe Cholid, head of marketing & project manager KithLabo, “Semenjak dirilis empat tahun lalu, album Menari dengan Bayangan tidak pernah berhenti menuai pencapaian baru. 

Angka satu milyar streams di Spotify bukan sesuatu yang mudah untuk diraih. Hal ini adalah hasil dari konsistensi dan kerja sama yang baik antara KithLabo, Hindia dan Sun Eater. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm