33 Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Halus Singkat beserta Artinya

10 April 2024 05:20 WIB
Ilustrasi sungkem Lebaran bahasa Jawa halus singkat.
Ilustrasi sungkem Lebaran bahasa Jawa halus singkat. ( freepik/rawpixel.com)

Sonora.ID - Berikut ini sejumlah sungkem Lebaran bahasa Jawa halus singkat beserta artinya yang bisa disampaikan ketika Idul Fitri 2024 (1445 H).

Salah satu tradisi muslim Indonesia ketika perayaan Idul Fitri adalah bermaafan.

Bahkan, dalam budaya Jawa, meminta maaf dilakukan dengan sungkem kepada orang yang lebih tua.

Saat sungkem Lebaran, bahasa Jawa yang digunakan tentunya harus halus.

Baca Juga: 75 Pantun Lebaran Idul Fitri 2024, Ucapan Maaf hingga Minta THR!

Sungkem Lebaran Bahasa Jawa

Apabila Anda tidak terbiasa menggunakan bahasa Jawa Halus, berikut ini sejumlah sungkem Lebaran singkat yang bisa Anda gunakan.

1. Pak/Bu/Eyang, sugeng riyadi, sedoyo kalepatan dumateng panjenengan, ingkang sengojo lan mboten disengojo, kula nyuwun agenging samudro pangaksami.

Artinya: Pak/Bu/Eyang, selamat lebaran, saya mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sayang lakukan, baik disengaja maupun tidak.

2. Kulo ngaturaken sembah ngabekti dhateng panjenengan ing dinten riyadi puniko. Mugi Bapak/Ibu kerso maringi agunging samudro pangaksami dumateng sedaya kelepatan kulo.

Artinya: Saya mengutarakan bakti saya di hari istimewa ini. Semoga Bapak/Ibu memberi saya lautan kebijaksanaan untuk memaafkan kesalahan saya.

3. Kula ngaturaken sedaya kalepatan kawula nyuwun pangapunten.

Artinya: Saya mengakui semua kesalahan saya, dan saya memohon maaf. 

4. Kulo ngaturaken sugeng riyadi lan nyuwun pangapunten dhumateng sedoyo kelepatanipun lan klenta klentinipun kulo.

 Artinya: Saya ingin mengucapkan selamat Idul Fitri dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kesalahan yang telah saya perbuat.

5. Kepareng matur Simbah/Bapak/Ibu, kula ngaturaken sugeng riyadi, sedaya kalepatan kula nyuwun agunging pangapura ingkang kula sengaja menapa mboten, mugi-mugi saged dipun lebur ing dinten riyadi menika.

Artinya:
Izinkan saya menyampaikan kepada Eyang/Bapak/Ibu, saya ucapkan selamat hari raya, saya memohon maaf atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak, semoga dapat melebur di hari raya ini.

Baca Juga: Doa Halal Bihalal Arab, Latin, dan Artinya yang Menyentuh Hati

6. Ngaturaken sugeng riyadi 1 Syawwal 1445 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Kullu Amiin Wa Antum Bikhoir. Mugi gusti Allah tansah paring hidayah. Maghfiroh saha barokah dumateng kita sedaya.

Artinya: Selamat Hari Raya Syawwal H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Kullu Amiin Wa Antum Bikhoir. Semoga Gusti Allah memberikan hidayah. Maghfirah dan barokah kepada kita semua.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm